Mahasiswa Pelita Bangsa saat kunjungan ke PN Cikarang
Mahasiswa Pelita Bangsa saat kunjungan ke PN Cikarang (Foto : Fahri/potretjabar)

PJ. BEKASI – Dalam rangka meningkatkan ilmu tentang hukum acara pidana, Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa program studi Hukum. Studi itu dilaksanakan di Pengadilan Negeri (PN) Cikarang Kabut Bekasi

Dosen Pengampu Nining Yurista Prawitasari  mengatakan, studi itu dilakukan agar para Mahasiswa mempraktekan langsung hukum acara pidana di PN. Cikarang.

“Maka mahasiswa Prodi Hukum Universitas Pelita Bangsa ditugaskan melakukan kunjungan ke Pengadilan Negeri Cikarang untuk menghadiri serta mengamati jalannya proses persidangan, dan selanjutnya salinan berkas acara persidangan perkara pidana yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht van gewisjsde) tersebut akan di praktekkan dalam Ruang Peradilan Semu yg berlokasi di Prodi Hukum Universitas Pelita Bangsa” ucapnya Nining Yurista Prwaitasari selaku dosen pengampu saat di konfirmasi,Jum’at (19/03/20).

“Maka meskipun masih dalam masa pandemi ini, tidak mengurangi semangat mereka untuk tetap menjalankan Tugas praktek yg telah diberikan. Dengan adanya kegiatan tsb, menjadikan mahasiswa memperluas wawasannya di bidang Hukum Acara Pidana, “sambung Ia.

Kata Ia, dengan begitu para mahasiswa prodi UPB dapat menambah ilmu dan wawasan tentang bagai mana tatacara ilmu hukum acara pidana sebab dalam studi ini semua dapat menyaksikan bagai mana jalannya persidangan di PN Cikarang.

“Terimakasih banyak untuk Bapak Ketua Pengadilan Negeri Cikarang beserta jajarannya yg tidak dapat kami sebutkan satu-persatu serta aparat penegak hukum terkait, bahwa telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa prodi hukum UPB untuk dapat mengetahui jalannya proses persidangan di Pengadilan Negeri Cikarang, hal tsb dilaksanakan untuk memenuhi tugas PLKH : Praktik Hukum Pidana”tutupnya.

Sementaranya, Mahasiswa prodi hukum Universitas Pelita Bangsa Yoga, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pengadilan Negeri Cikarang.

“Kami ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang terkait terutama dosen pembingbing dan para aparatur dari pengadilan negeri cikarang sehingga kami dapat mengikuti dan melihat proses persidangan tindak pidana mengikuti dan menyimpan proses persidangan seperti ini tentu sangat diharapkan sering dilakukan agar lebih memahami dan dapat menambah wawasan, dan ilmu praktek  bukan hanya memahami dari segi teori tetapi juga dapat memahami dan melihat langsung proses dalam persidangan dari kasus-kasus yang kami hadiri” ungkapnya Yoga mahasiswa aktif UPB sekaligus sekertaris Himpunan Mahasiswa Hukum.(Far)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here