Tak Kunjung Diperbaiki, Petani Sukakerta Patungan Perbaiki Pintu Air Mini

Cek dan pintu air mini H. Uki
Salah seorang petani saat membuka air di pintu air H.Uki Desa Sukakarta. Foto : Redaksi

PJ. BEKASI –   Tak kunjung diperbaiki, Masyarakat Desa Sukakerta Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi ramai – ramai patungan perbaiki gorong – gorong yang rusak, hal itu dilakukan agar areal persawah mendapatkan pasokan air yang cukup.

Gorong – gorong atau cek dam pintu air mini itu biasa disebut gorong – gorong H.Uki yang terletak di Kampung Galian Sasak RT 01 RW. 02.

“Gorong – gorong H. Uki ini mah boleh petani patungan, kalau dibiarin rusak petani gak dapet air, ” kata salah seorang petani yang biasa dipanggil Mad kepada potretjabar.com Sabtu (22/02/20).

Desa dengan penduduk moyoritas petani kata Ia, tentunya sangat membutuhkan pasokan air dengan baik agar hasil panen raya pun bagus.

Karenanya melihat kondisi pintu air mini yang sudah rusak namun tak kunjung diperbaiki, akhirnya para petani patungan buat perbaikinya.

Kata Ia, semua petani yang mendapatkan pasokan air dari pintu air mini itu sangat atusias untuk gotong royong memperbaikinya.

Ilustrasi
Salah seorang petani sedang mencangkul sawah garapanya.

Semua itu terbukti disaat petungan, ada petani yang ngasih seratus ribu bawakan ada yang lebih dari setengah juta, sehingga terkumpul ah sebanyak tujuh juta rupiah.

“Hasil patungan waktu itu terkumpul ada tujuh juta, lalu kita perbaiki pintunya juga kiri kanan leniingannya, kalau nungguin pemrintah kapan tau baru di perbaikinya. Kalau gorong gorong nya bagus mah air juga lancar, “ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here