Sejalan Dengan Kebijakan Kapolri, di Bekasi Sudah 286 Pelanggar ETLE

  • Bagikan
pemasangan ETLE di Wilayah Hukum Polres Metro Bekasi tepatnya di perempatan SGC Cikarang Utara,
Pemasangan ETLE di Wilayah Hukum Polres Metro Bekasi tepatnya di perempatan SGC Cikarang Utara,

PJ. BEKASI – Sejalan dengan kebijakan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yaitu kegiatan Kepolisian menuju Polri yang PRESISI, salah satu yang bisa dilakukan pada fungsi lalu lintas adalah penegakan hukum terhadap para pelanggar lalu lintas dengan menggunakan Electronic Traffic Law Enforcemnet (ETLE).

Pemanfaatan teknologi informatika, di samping mempermudah pekerjaan dalam hal penindakan para pelanggar lalu lintas juga dapat mengurangi adanya interaksi antara petugas dengan pelanggar sehingga penyelewengan, kesewenang – wenangan dapat diminimalisir.

Kasat Lantas Polres Metro Bekasi AKBP Ojo Ruslani mengatakan, pemberlakuan ETLE ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja fungsi lalu lintas sehingga penindakan terhadap para pelanggar lalu lintas dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

“Tahap pertama pemasangan ETLE di Wilayah Hukum Polres Metro Bekasi tepatnya di perempatan SGC Cikarang Utara, dimana Camera ini dapat merekam pelanggaran terhadap penggunaan sabuk keselamatan dan penggunaan Hp saat mengemudi, bagi pengendara yang datang dari arah barat ke Timur Cikarang menuju Karawang di Jalan RE Martadinata,”ungkap Ojo, Selasa (27/04/21).

BACA JUGA :  Hasil Operasi Pekat Lodaya Polres Majalengka, Ribuan Miras Dimusnahkan

Kata Ojo, jumlah pelanggaran yang berhasil ditangkap dan dikirimkan surat konfirmasi kepada pelanggar sejak diresmikan oleh Kapolri sudah mencapai 286 surat konfirmasi, sedangkan masyarakat yang sudah melakukan klarifikasi terhadap pelanggaran tersebut baik melalui sistem yang ada dalam ETLE tersebut maupun dengan cara mendatangi ruang konfirmasi di Sat Lantas Restro Bekasi sebanyak 67 orang dan telah dilakukan penindakan tilang.

“Pada Senin, Satlantas Polres Metro Bekasi sudah mengirim surat klarifikasi kepada pelanggar sebanyak 286 surat dan yang datang langsung untuk konfirmasi sebayak 67 yang telah dilakukan penindakan tilang,” kata Ojo.

Lanjut dia. Dimasa yang akan datang diharapkan akhir tahun 2021 dapat ditambah 9 titik pemasangan ETLE lainya sehingga berjumlah 10 titik. Hal ini sesuai dengan komitmen Pemda Bekasi untuk turut mendukung proses penyelenggaraan pembangunan ETLE di wilayah hukum Polres Metro Bekasi.

“Harapan saya kepada pengguna jalan adanya ETLE tingkat disiplin dapat lebih baik lagi dan angka kecelakaan dapat ditekan pada akhirnya, pungkasnya. (Ful)

  • Bagikan