Pemerintah Bakal Putuskan Soal Karantina Wilayah

Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengung
Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

PJ. JAKARTA – Sejumlah daerah menginginkan adanya karantina wilayah namun pemerintah pusat belum memutuskannya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan pekan ini akan segera diputuskan mengenai persoalan karantina wilayah dalam mengatasi Covid-19.

“Kita lihat istilahnya apa. Tapi dalam minggu ini ada keputusan,” kata Luhut, dikutip dari republika.co.id Selasa (31/3).

Dia menjelaskan pada dasarnya Presiden Joko Widodo mengupayakan agar masyarakat tidak menjadi korban yang lebih parah. Luhut memastikan presiden selalu mempertimbangkan dampak dari berbagai aspek terutama bagi masyarakat kecil yang jumlahnya puluhan juta orang.

Ilustrasi
Ilustrasi

Tentu saja, jika karantina wilayah dilakukan, Luhut memastikan pemerintah sudah mematangkan skema agar distribusi logistik tetap lancar.

“Bahan pangan sudah diatur sedemikian rupa, hampir tidak masalah. Jadi semua fasilitas untuk bahan pangan itu akan dipastikan,” jelas Luhut.

Luhut yakin persoalan distribusi logistik tidak akan menjadi masalah namun perlu diawasi agar berjalan sesuai rencana. Luhut menegaskan ketersediaan untuk 11 bahan pangan pokok sejauh masih tersedia.

“Hanya saja nanti penyalurannya harus kita waspadai jangan sampai terhambat baik gula, beras, dan segala macamnya itu,” tutur Luhut.

Luhut menambahkan pembahasan karantina di bandara, pelabuhan, dan simpul transportasi lainnya juga masih terus dibahas. Dia menuturkan banyak hal yang akan dipertimbangkans ebelum presiden memutuskan hal tersebut.(net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here