Modal Rp 7 M, BUMDes Jatimulya Kembangkan Usaha 450 Ha Perkebunan Tebu

  • Bagikan
images 14
Ilustrasi : Petani sedang panen tebu

PJ. MAJALENGKA – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jatiraga Kecamatan Jatitujuh Kabupaten Majalengka mendapatkan permodalan sebesar Rp.7 Miliar, modal sebesar hasil kerjasama dengan Bank BJB dalam mengembangkan usaha perkebunan tebu seluas 450 Ha.

Pengembangan perkebunan tebu diharapkan dapat meningkatkan ekonomi dan pendapatan bagi warga masyarakat Desa Jatiraga melalui BUMDes Jatimulya yang menggali potensi usaha dari bidang perkebunan tebu.

”Alhamdulilah saat ini BUMDes Jatimulya sudah mulai berkembang selama dua tahun dari mulai tahun 2019,”kata Kades Jatiraga Carsidik, Rabu (8/12/21).

BACA JUGA :  Air Citarum Naik Warga Cabangbungin Kalang Kabut

Carsidik mengatakan, selama dua tahun sudah BUMDes Jatimulya menggarap lahan Perkebunan tebu dengan luas 450 Ha milik Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Indramayu. 

“Adapun saat ini penggarapan lahan perkebunan tebu dengan luas 450 Hektar dengan memiliki model biaya Rp 7 miliar permodalan BUMDes jatimulya ini bisa berjalan dengan baik adanya kerjasama pemodalan dengan pihak Bank BJB Jawa Barat,”ungkapnya.

IMG 20211208 WA0000

Sementara Plt Ketua BUMDes Jatimulya Toyib Sudansah mengatakan, selain mengelola lahan tebu juga ada usaha kerajinan anyaman, Ia juga berencana akan melakukan terobosan kebeberapa bidang usaha lainya.

BACA JUGA :  Tanggul Citarum Rawan Jebol, Warga Cabagbungin Bakal Dievakuasi

”Diantaranya, akan mengembangkan badan usaha program ternak sapi dan kambing semoga harapan ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan kami,”ucapnya.

Dengan adanya BUMDes Jatimulya, dirinya bertekat ingin ingin memajukan para petani di Desa Jatiraga melalui program – program usaha BUMDes Jatimulya

 “Ya, harus berhasil sebab, usaha BUMdes ini, bukan hanya bisa memberikan sebuah keuntungan materi saja, tetapi harus juga mampu menjadi pemberdayaan untuk masyarakat sehingga perekonomian masyarakat bisa meningkat,”pungkasnya.(Sam)

  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM