Scroll Untuk Melanjutkan Membaca
NASIONAL

Bahaya Sambaran Petir Bagi Rumah Bertingkat, Begini Tipsnya

×

Bahaya Sambaran Petir Bagi Rumah Bertingkat, Begini Tipsnya

Sebarkan artikel ini

PJ.JAKARTA – Biasanya khusus untuk rumah bertingkat, risiko tersambar petir lebih besar terjadi lantaran posisinya yang lebih tinggi dari bangunan di sekitarnya. Petir menjadi fenomena alam yang umum terjadi saat musim hujan. Petir sangat berbahaya, baik bagi manusia maupun bangunan.

Bila sampai terkena, sambaran petir bisa menyebabkan kematian bagi manusia. Selain itu, sambaran petir juga bisa memicu terjadinya kebakaran pada bangunan, termasuk rumah.

Bagaimana Petir Bisa Terjadi?
Melansir situs resmi Institut Teknologi Bandung, Minggu (12/11), petir merupakan fenomena alam yang terjadi karena adanya lompatan elektron-elektron dari awan yang bermuatan negatif ke bumi yang bermuatan positif.

Indonesia termasuk negara dengan jumlah petir yang banyak karena terletak di daerah khatulistiwa. Petir biasanya terjadi pada musim hujan dan seringkali menyambar struktur bangunan yang tinggi, termasuk rumah bertingkat.

Tips Terhindar dari Sambaran Petir buat Rumah Bertingkat

Melansir laman detikcom dari situs Properti Indonesia, berikut tips mencegah sambaran petir, khususnya untuk rumah bertingkat.

  1. Pasang Penangkal Petir

Penangkal petir menjadi salah satu solusi untuk mencegah rumah bertingkat terkena sambaran petir. Penangkal petir tidak hanya bisa dipasang di gedung-gedung tinggi, tetapi juga di rumah-rumah bertingkat.

Fungsi penangkal petir adalah sebagai media penghantar listrik untuk disalurkan ke tanah. Untuk rumah bertingkat, jenis penangkal petir yang umumnya digunakan adalah penangkal petir konvensional.

BACA JUGA :  Diciduk Polisi Gegara King of The King, Juanda PNS Karawang Tulis Surat Ini..

Pada rumah bertingkat, penangkal petir dipasang di ujung tertinggi bagian rumah. Selain itu, kamu juga bisa memasang penangkal petir internal pada panel listrik atau barang-barang elektronik.

  1. Periksa Instalasi Listrik secara Rutin

Instalasi listrik harus diperiksa secara rutin untuk mencegah rumah terkena sambaran petir. Segeralah ganti kabel listrik yang mulai terbuka. Hal ini merupakan upaya pencegahan terjadinya sambaran dan korsleting listrik di rumah akibat sambaran petir. Kamu juga harus memastikan alat-alat elektronik dalam keadaan mati saat hujan turun disertai petir.

  1. Pangkas Pohon Besar

Jika rumahmu ditumbuhi pohon besar, segeralah memangkasnya sebelum hujan turun. Pohon yang besar berpotensi terkena sambaran petir. Terlebih jika jarak pohon tersebut dekat dengan rumahmu. Selain karena dahan-dahan pohon bisa tumbang menimpa rumah, pohon besar yang tersambar listrik bisa memicu kebakaran.

Demikianlah tips mencegah sambaran petir untuk rumah bertingkat. Dengan melakukan tips-tips tersebut, risiko rumah tersambar petir menjadi kurang sehingga bisa membuatmu tenang dan nyaman saat berada di dalamnya. Semoga informasinya bermanfaat!(*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: POTRETJABAR.COM