Scroll Untuk Melanjutkan Membaca
Example 360x660
BANDUNG RAYA

Ini Daftar Kepala Daerah di Jabar Berakhir Masa Jabatannya di 2023

×

Ini Daftar Kepala Daerah di Jabar Berakhir Masa Jabatannya di 2023

Sebarkan artikel ini

PJ.BANDUNG – Kepala Daerah di Jawa Barat (Jabar) sudah memasuki masa akhir jabatan di tahun 2023 ini. Mau tau siapa saja?

Dalam waktu dekat ada Penjabat Bupati Bekasi yang masa jabatannya berkahir di bulan mei 2023.

“Kabupaten dan kota itu 15 ada yang selesai bulan Mei satu orang, September ada lima orang, bulan Oktober satu orang, November satu orang, dan Desember 6 orang dan kalau ditotal dengan provinsi 16 karena provinsi di bulan September selesai,” ujar Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jabar, Dedi Supandi, seperti diberitakan republika.co.id Jumat (19/5/23). 

Dedi menjelaskan, untuk Penjabat kabupaten dan kota sendiri, Pemprov Jabar mengusulkan tiga nama ke pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri. Namun, keputusan ini nantinya akan tetap ditentukan oleh pemerintah pusat. 

“Tentunya provinsi siapkan usulan tiga nama ke pemerintah pusat yang nantinya tim dari pemerintah pusat memilih dan meng SK-kan siapa calon yang menjabat,”katanya.

Masa jabatan yang akan habis di bulan Mei 2023, kata dia, adalah Kabupaten Bekasi. Pemprov Jabar juga sudah mengusulkan tiga nama ke Kemendagri. Dan hasilnya nanti akan disampaikan ke publik. 

BACA JUGA :  Perjalanan Politik Wali Kota Bandung yang Meninggal Saat Tengah Shalat Jumat

“Habis bulan Mei sudah diajukan, yaitu Bekasi, tiga nama sampai saat ini hasil yang ditetapkan siapa belum turun dari kementeriannya,” katanya. 

Sedangkan untuk kepala daerah yang habis masa jabatannya pada bulan September 2023, kata Dedi, nantinya akan diusulkan pada bulan Agustus. Adapun usulan pengganti gubernur nantinya akan dilakukan oleh DPRD Jabar.

“Usulannya DPRD Jabar sama aja tiga nama nanti caranya pola rapat konsultasi pimpinan dan menyerap dari praksi praksi kira-kira tiga nama siapa bisa ke DPRD. Kalau berakhir September, data dari kementrian,” kata Dedi.

Berikut daftar 16 kepala daerah di Jabar yang habis masa jabatannya:

  1. Selasa 23 Mei 2023, Kabupaten Bekasi
  2. Minggu 22 Oktober 2023, Kota Cimahi 
  3. Selasa 14 November 2023, Kota Tasikmalaya
  4. Selasa 5 September 2023, Gubernur Jawa Barat
  5. Rabu 20 September 2023, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Purwakarta
  6. Senin 4 Desember 2023, Kota Banjar dan Kabupaten Kuningan
  7. Selasa 12 Desember 2023, Kota Cirebon
  8. Selasa 19 Desember 2023, Kabupaten Subang dan Kabupaten Majalengka
  9. Sabtu 30 Desember 2023, Kabupaten Bogor. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: POTRETJABAR.COM