Ketahui, 4 Amalan yang Dianjurkan Saat Isra Mi’raj

POTRETJABAR.com – Isra Miraj merupakan perjalanan suci Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekah menuju masjid Al-Aqsa di Yarusalem dan dilanjut menuju ke langit ke tujuh. Lalu tahukah kalian sebagai umat Islam, apa yang dilakukan saat Isra Miraj selain merayakan kemeriahannya?

Meskipun sudah menjadi agenda tahunan bagi orang Islam, Tapi masih banyak orang yang bertanya apa yang dilakukan saat Isra Miraj? Tidak perlu bingung, ada 4 amalan yang bisa dilakukan umat Islam saat peringatan momen istimewa itu.

Perayaan Isra Miraj 2022 pada tahun ini jatuh pada tanggal 28 Februari 2022. Hari itu merupakan peristiwa penting yang dinantikan umat muslim setiap tahun. Karena dalam perjalanan itu Rasulullah mendapatkan wahyu langsung dari Allah berupa perintah mengerjakan shalat. Yang kini menjadi sebuah kewajiban yang harus dijalankan umat Islam.

Meskipun tidak ada syariat dan tata cara dalam Al-Qur’an atau hadis untuk merayakan Isra Miraj, namun tidak ada larangan bagi orang yang ingin memperingatinya. Asalkan tidak menyimpang dari ajaran agama Islam yang dapat menimbulkan kesyirikan.

Di Indonesia sendiri momen perayaan Isra Miraj disebut juga dengan Maulid Nabi. Dimana umat muslim di beberapa wilayah akan merayakannya dengan berbagai cara. Seperti pengajian di masjid, pawai obor, sedekah bumi, syukuran dan lain sebagainya. Tujuan dilakukannya kegiatan tersebut untuk mengingatkan kita dengan kisah Nabi yang istimewa itu guna menambah ketaqwaan.

Lalu apa yang dilakukan saat Isra Miraj? Berikut ini ada 4 amalan saat Isra Miraj tiba, diantaranya yaitu:

1. Memperbanyak Ibadah Shalat Sunah

Selain shalat wajib, shalat sunah pada hari Isra Miraj sangatlah dianjurkan. Karena akan mendatangkan pahala yang melimpah untuk orang yang mau menjalankan kebiasaan Nabi Muhammad itu. Shalat sunah yang dapat dilakukan yaitu shalat qobliyah ba’diyah, tahajud, dhuha, witir dan shalat sunah lainnya.