Imbas Corona, Mitsubishi Akan Tutup Pabrik Xpander di Bekasi

Mitsubishi Xvander
Mitsubishi Xvander

PJ. JAKARTA – Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) menyatakan bakal menghentikan operasi pabrik mobil penumpang di Bekasi imbas wabah virus corona (Covid-19). Penghentian itu dilakukan mulai awal pekan depan, sedangkan detail lainnya dikatakan bakal dijelaskan kemudian.

“Kami memiliki rencana untuk menghentikan produksi pada awal minggu depan tetapi kami belum dapat memberikan informasi secara detail,” kata HR & GA Director MMKI Prianto dikutip cnnindonesia.com, Kamis (16/4).

Pabrik mobil penumpang Mitsubishi terletak di kawasan GIIC, Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pabrik berkapasitas 220 ribu unit per tahun ini bertugas memproduksi Pajero Sport, Xpander, dan juga Nissan Livina.

Rencana penutupan sementara pabrik Mitsubishi ini menyusul langkah serupa yang sudah dilakukan produsen lain. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing telah melakukannya mulai 3 April, Honda Prospect Motor dan Suzuki Indomobil Motor (13-26 April) , Daihatsu (10-17 April), serta Toyota (13-17 April).

Penghentian operasi pabrik Mitsubishi juga diputuskan melewati jadwal Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) yang sudah diberlakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Bekasi selama dua pekan mulai 15 April.

BACA JUGA :  Demo Kenaikan BBM di Patung Kuda Berujung Chaos, Kondisi Sempat Tak Kondusif

Prianto memaparkan perusahaan belum dapat menghentikan kegiatan produksi sebab masih ada kewajiban memenuhi pesanan domestik dan ekspor. Kata dia saat ini produksi sedang digenjot sampai 17 April 2020.

“Masih ada kewajiban untuk pasar ekspor dan domestik yang harus kami penuhi sehingga dalam minggu ini (13-17 April 2020) kami masih memiliki aktivitas produksi,” ucap dia.

Kendati pabrik tetap ‘ngebul’, Prianto menjelaskan pihaknya telah menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah untuk menjamin kesehatan, keselamatan karyawan, keluarga karyawan, dan lingkungan terdekat,

“Kami juga berkonsentrasi produksi hanya untuk pemenuhan kewajiban sehingga keterlibatan karyawan dapat dikurangi secara signifikan. Kondisi ini masih terus dimonitor dan dapat berubah berdasarkan kondisi terkini,” kata dia.

Prianto menambahkan terkait ketersediaan komponen, semua masih normal. Pihaknya tak mengalami kekurangan komponen produksi mobil karena kendala rantai pasok global akibat meluasnya wabah virus corona.

BACA JUGA :  Parsindo Yakin Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024
Proses pembuatan Xpander di pabrik Mitsubishi,
Proses pembuatan Xpander di pabrik Mitsubishi

Mitsubishi Suplai 5 unit Pikap ke PMI

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia mendonasikan lima unit Mitsubishi L300 kepada Palang Merah Indonesia (PMI) untuk digunakan sebagai unit operasional yang akan mendukung kegiatan penanggulangan Covid-19 di Jakarta.

“Donasi yang kami berikan kepada PMI menjadi wujud nyata komitmen dan dukungan kami untuk Indonesia dalam bidang kemanusiaan khususnya dalam melawan dan mencegah penyebaran COVID-19,”.kata Presiden Direktur Naoya Nakamura PT MMKSI.

Kehadiran model ini diharapkan dapat memaksimalkan seluruh kegiatan PMI selama menjalankan program pencegahan, “tambahnya.

“Aktivitas ini juga menjadi bentuk kontribusi lanjutan MMKSI dalam memerangi COVID- 19. Dengan peran aktif MMKSI dalam memerangi pandemi ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menekan laju penyebaran virus di Indonesia,” pungkasnya. (cnnIndonesia/PJ).

error: POTRETJABAR.COM