Da’i Kamtibmas Polres Metro Bekasi Dikukuhkan

  • Bagikan
Kapolres Metro Bekasi kukuhkan pengurus Da'i Kamtibmas Kabupaten Bekasi di Gedung Promoter Polres Metro Bekasi.
Kapolres Metro Bekasi kukuhkan pengurus Da’i Kamtibmas Kabupaten Bekasi di Gedung Promoter Polres Metro Bekasi.

PJ. BEKASI – Kapolres Metro Bekasi Kombespol Hendra Gunawan kukuhkan pengurus Da’i Kamtibmas Kabupaten Bekasi di Gedung Promoter Polres Metro Bekasi.

Dengan pembacaan ayat Suci Alqur’an lalu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Pembacaan Surat Keputusan Pengukuhan Pengurus Da’I Kamtibmas Kabupaten Bekasi periode 2021 -2023.

Dengan dibacakannya surat keputusan tersebut Dai Kamtibmas resmi menjadi Organisasi yang bertugas membantu Polri untuk menjaga situasi Kamtibmas dan menjadikan Kabupaten Bekasi menjadi wilayah yang penuh dengan nilai toleransi.

Ketua Dai Kamtibmas KH. Ahmad Nurul Huda menyampaikan bahwa “ Saya teringat Firman Allah SWT “ Jangan lah kalian merasa rendah merasa lemah dan sedih karena kalian memiliki derajat yang tinggi pada dasarnya”. Tutur KH Ahmad Nurul Huda.

Maka Dari itu KH. Ahmad Nurul Huda menyampaikan apabila selama ini masyarakat diberikan masukan dan diingatkan oleh polisi dalam kebaikan masih terdapat barrier. Nah saat ini dengan amanah yang diemban oleh Dai Kamtibmas insya Allah tidak ada lagi barrier dimasyarakat. Dalam kesempatan itu KH Ahmad juga menyampaikan “ Salah satu program yang sedang dijalankan oleh Polda Metro Jaya dan Polres Metro Bekasi adalaha Kampung Tangguh Jaya.

“Ada hubungannya dengan ayat tadi karena kita berada pada Top Level dengan kampung Tangguh sudah menjadikan manusia menjadi Tangguh dan sebentar lagi akan ada pesantren dan masjid Tangguh. Tangguh secara ekonomi, Secara kemanan dan Kesehatan. Yang mana sebentar lagi Polres Metro Bekasi akan membuat Pesantren Tangguh dan Masjid Tangguh.” Ucap KH. Ahmad Nurul Huda.

BACA JUGA :  Ratusan Insan Pers Karawang Desak Polisi Tangkap Pelaku Penghina Wartawan "Oteng-oteng"

Tambah Dandim 0509 Kabupaten Bekasi Letkol Kav. Topan Tri Anggoro menyampaikan dalam sambutannya bahwa “ Berkaitan dengan Dai Kamtibmas yang kita ajak ini adalah orang-orang yang sudah islam agar bisa hidup secara islami, terbukti di Kabupaten Bekasi Religius masyarakatnya akan tetapi tetap aja masjid kosong.

“Mudah-mudahan pencapaian yang paling tinggi kita bisa mengajak orang-orang menjadi mumin dan muttaqin”ucapnya.

“Saya salut dengan Kapolres saat Patroli dan tugas di manapun tidak pernah meninggalkan sholat lima waktu, walaupun harus sholat di pinggir jalan atau menumpang di masjid perusahaan.”tutur Dandim.

Sementara, Kapolres Metro Bekasi Kombespol Hendra Gunawan menyampaikan kepada para peserta rasa hormat dan mulia yang setinggi-tingginya karena dapat berkolaborasi dengan para Alim Ulama untuk membina Situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Bekasi karena Latar Belakang kenapa dibentuknya Dai Kamtibmas. Yang pertama Sudah ada Dai Kamtibmas di Tahun 2005/2007 pada saat itu sedang ada dera dikalisasi di Poso yang diambil dari Binrohtal Mabes Polri.

Laanjut Hendra, ini sangat Efektif menekan 80% radikal, yang tadinya represif berubah menjadi persuasive dan yang tadinya konflik berkepanjangan menjadi saling membantu dan toleran saat ini.

BACA JUGA :  1,4 M Kerugian Negara, Korupsi Buldozer Bisa Ada Tersangka Baru

Menurut Hendra yang kedua adalah akhlaq, banyak pelaku pidana dan pelanggaran aturan apapun mereka mengerti aturan akan tetapi mereka tidak mau menaati, hanya mengikuti hawa nafsu.

”Apabila Polisi menyampaikan maka orang-orang itu akan melawan maka akan ada penghalang, akan tetapi apabila Dai kamtibmas yang menyampaikan Insya Allah akan menyentuh hati dan pikirannya,” Saya yakin keamanan di Kabupaten Bekasi dan Intoleransi juga akan Kondusif. Selain itu masalahnya ada jesehatan, ekonomi, bahkan masalah kesehatan banyak yang melanggar Prokes ini karena Akhlaqnya kurang baik.” Ucap Kapolres.

Kapolres Metro Bekasi kukuhkan pengurus Da'i Kamtibmas Kabupaten Bekasi di Gedung Promoter Polres Metro Bekasi.
Pengukuhkan pengurus Da’i Kamtibmas Kabupaten Bekasi di Gedung Promoter Polres Metro Bekasi. (Foto : redaksi)

“Mudah-mudahan dengan adanya Dai Kamtibmas dimasa apapun akan tetap menyampaikan pesan yang baik sesuai isu yang ada pada saat itu. Semoga kita semua bisa mewujudkan Kab. Bekasi ini Baldatun Thoyyibatun wa Rabbun Ghafur.”ujar Hendra melanjutkan.

Kegiatan tersebut Kapolres Metro Bekasi. Kombespol Hendra Gunawan didampingi Wakapolres Metro Bekasi, Dandim 0509 Pejabat Utama Kabupaten. Bekasi. Dihadiri oleh Yang Mewakili Bupati Kabupaten Bekasi. Ketua Pengadilan Negeri. , Ketua Departement Agama. Ketua Lembaga Dakwah PBNU, Ketua Umum Dai kamtibmas Polda Metro Jaya, Ketua umum Dai kamtibmas Polres Metro Bekasi, Ketua MUI. Ketua PCNU dan Ketua LDII, turut hadir pula Kapolsek Jajaran Polres Metro Bekasi dan Pengurus wilayah Dai Kamtibmas melalui Video Conference demi menerapkan Protokol Kesehatan.(Ful)

  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM