Digadang Satu-satunya Capres Golkar, Ini Elektabilitas Airlangga di 4 Survei

  • Bagikan
Ketua Partai Golkar menyatakan Ketua Umum Airlangga Hartanto sebagai satu-satunya calon presiden 2024 dari partainya.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto digadang gadang sebagai satu-satunya calon presiden 2024 dari partainya.

PJ. JAKARTA – Salah satu Ketua Partai Golkar menyatakan Ketua Umum Airlangga Hartanto sebagai satu-satunya calon presiden 2024 dari partainya. Nama Airlangga sempat muncul dalam beberapa survei capres. Berapa elektabilitas Airlangga?

Dikutip dari catatan detikcom, Sabtu (5/6/21) setidaknya nama Airlangga pernah masuk dalam bursa capres pada dua survei. Yakni survei yang diadakan oleh Charta Politika Indonesia dan Indikator Politik Indonesia.

Charta Politika Indonesia menggunakan metode survei bentuk metode sampling pengecakan sistematis sebanyak 1.200 responden. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan pada 20-24 Maret 2021. Responden merupakan warga negara Indonesia yang berusia di atas 17 tahun. Elektabilitas Airlangga sebesar 0,2 persen.

Selanjutnya dalam survei Indikator Politik Indonesia capres pilihan anak muda, nama Airlangga juga kembali muncul. Metode survei yang digunakan simple random sampling sebanyak 206.983 responden yang terdistribusi secara acak. Total survei sampel yang berhasil diwawancara sebanyak 1.200 responden warga negara Indonesia berusia 17-21. Toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Airlangga Hartanto mendapat persentase 0,2 persen.

Nama Airlangga juga pernah muncul dalam survei Puspoll Indonesia bersama dengan 22 nama tokoh lainnya. Dikutip dari website resmi Puspoll Indonesia, survei dilakukan pada 20-29 April 2021 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Total sampel 1.600 responden, margin of error 2,45 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Elektabilitas Airlangga Hartarto adalah 1,0.

BACA JUGA :  Pemilu 2024, Kursi DPRD Kabupaten Bekasi Bakal Ditambah

Perkumpulan Kader Bangsa dan Akar Rumput Strategi Consulting (ARSC) juga merilis survei capres yang memuat nama Airlangga. Survei dilakukan pada akhir April dan awal Mei 2021 melalui wawancara telepon dengan sampel acak bertingkat (multistage random sampling). Ada 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi. Margin error kurang lebih 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Usia pemilih muda minimal 17 tahun, 60 persen. Dalam survei ini, elektabilitas Airlangga adalah 8,27%.

Airlangga Didukung Jadi Capres 2024

Sebelumnya, Ketua Bidang Penghubung Antarlembaga Politik DPP Partai Golkar Firman Soebagyo mendukung penuh Airlangga untuk menjadi capres dari Golkar.

“Pilihan yang tepat untuk mendukung AH (Airlangga Hartarto) sebagai satu satunya capres dari Partai Golkar adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi,” kata Ketua Bidang Penghubung Antarlembaga Politik DPP Partai Golkar Firman Soebagyo dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/6/21).

BACA JUGA :  Kubu KLB: Harusnya SBY dan AHY yang Minta Maaf ke Jokowi-Moeldoko!

Wakil Ketua Umum SOKSI ini menegaskan dukungan semua elemen Partai Golkar untuk mendukung Airlangga sebagai capres 2024 adalah harga mati. Ini merupakan keputusan tertinggi yang telah ditetapkan partai melalui munas beberapa waktu lalu.

“Sekarang ini langkah yang harus ditempuh oleh seluruh kader adalah pentingnya meningkatkan konsolidasi dari tingkat pusat hingga daerah, menyatukan langkah untuk melakukan sosialisasi secara masif kepada publik jika AH adalah calon presiden,” kata Firman.

Konsolidasi dilakukan supaya Airlangga benar-benar maju ke Pilpres 2024. Firman akan menggerakkan mulai Jawa Tengah, daerah pemilihan anggota DPR ini.

“Insyaallah kami dari FPG DPR RI Jateng akan mengkonsolidasikan jajaran FPG DPR RI dan FPG DPRD provinsi dan kabupaten/kota seluruh Jawa Tengah bersama-sama bergerak menyukseskan dan bekerja keras untuk memenangkan AH sebagai Presiden RI dalam Pemilu 2024,” lanjutnya.

Anggota DPR ini menilai Airlangga sudah teruji lewat kerja-kerjanya sebagai Menko Perekonomian. Popularitasnya serta elektabilitasnya juga dinilai sudah naik signifikan.

Airlangga juga orang Jawa, mempunyai keturunan birokrat murni. Ayah Airlangga adalah Ir Hartarto Sastrosoenarto, yang pernah menjadi Menteri Perindustrian. (dtk/red).

  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM