BEKASI  

2022, Tim 2 PTSL BPN Kabupaten Bekasi Bagikan 14 Ribu Sertipikat Tanah Gratis

PJ.BEKASI – Sepanjang tahun 2022 Tim 2 Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kantor Agraria Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi berhasil membagikan sebanyak 14 ribu sertipikat tanah secara gratis kepada masyarakat.

Hal itu guna mendukung dan mensukseskan program unggulan Presiden Joko Widodo yang memiliki target dan optimistis bahwa di tahun 2025 mendatang seluruh bidang tanah di Indonesia telah bersertifikat.

Kepala ATR/BPN Kabupaten Bekasi Hiskia Simarmata melalui Ketua Tim 2 PTSL Fauzie Kamal Ismail mengatakan, dari 14 ribu sertipikat tersebut dibagi beberapa wilayah diantaranya Kecamatan Muaragembong, Kecamatan Sukawangi, Kecamatan Tarumajaya dan Kecamatan Karangbahagia.

“14 ribu sertipikat diberikan di beberapa kecamatan diantaranya Desa Muarabakti, Desa Bunibakti, Desa Pustaka Rakyat, Dea Karang Rahayu, Desa Sukadaya, Desa Sukaringin, Desa Kedung Pengawas, Sumber Jaya dan Desa Sukaraya, “jelasnya kepada Wartawan Senin (17/1).

BACA JUGA :  Seleksi 16 Kursi Pejabat Kab. Bekasi Disebut Syarat Pragmatisme

Ditambahkan, pihaknya memastikan bahwa dalam menjalankan program PTSL di Kabupaten Bekasi tidak ada pungutan selain biaya Rp150 ribu perbidang tanah. Hal itu sudah berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 25/SKB/V/2017 tentang Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis.

“PTSL Gratis tidak dipungut biaya kalau yang Rp150 ribu itu sesuai dengan SKB 3 menteri, “tambah pria yang juga menjabat sebagai kordinator Penetapan ATR BPN Kabupaten Bekasi tersebut.

Menurutnya, pihaknya berterima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja keras dalam mensukseskan Program PTSL. Untuk kendala sendiri kata dia, memang saat ini masih ada beberapa sertipikat yang belum dibagikan ke masyarakat. karena hal itu terkendala oleh pengukuran nya dilakukan pada tahun 2018 lalu.

BACA JUGA :  Posting Foto Resepsi Anaknya, Dani Ramadan Jadi Bulanan Warganet

“Kalau untuk percetakan sudah rampung dan akan segera kami berikan kepada masyarakat, ” Paparnya.

Ia berharap program PTSL dari ATR BPN terus bisa memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Bekasi. Karena dengan Tanah yang sudah bersertipikat akan memberikan rasa aman dan jaminan kepastian hukum mengenai hak atas tanah.

Kemudian sambung dia, tanah yang sudah bersertipikat juga akan mendongkrak sekaligus mendorong inklusi keuangan pada roda perekonomian di masyarakat agar lebih baik lagi kedepannya.

“Manfaatnya program PTSL ini banyak sekali artinya jika tanah sudah bersertipikat selain mencegah konflik sengketa pertanahan hal Juga bisa mendorong bergeraknya perekonomian masyarakat melalui kepemilikan sertipikat tersebut, “tukasnya.(Sar/red)

error: POTRETJABAR.COM