banner 728x90

Antisipasi Jebol Lagi, Warga Gotong Royong Perbaiki Tanggul Sungai Ciherang

  • Bagikan
IMG 20200306 WA0011
Pemdes Sukamakmur, bersama BPD, unsur masyarakat, mahasiswa dan Babinkantibmas bergotong royong memperbaiki tanggul Sungai Ciherang yang jebol. Foto : Jamar/Redaksi

PJ. BEKASI – Mengantisipasi datangnya banjir susulan Pemerintah Desa Sukamakmur, bersama BPD, unsur masyarakat, mahasiswa dan Babinkantibmas bergotong royong memperbaiki tanggul Sungai Ciherang yang jebol di Kampung Ciherang RT 002/005 Desa Sukamakmur, Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi, Jumat (06/03/2020).

“Perbaikan tanggul ini menjadi skala prioritas. Setelah banjir mulai surut, langsung dikerjakan. Dan ini sudah empat hari kami kerjakan,” ujar Kepala Desa Sukamakmur Wawan Kurniawan kepada potretjabar.com usai kerja bakti di Sungai Ciherang.

BACA JUGA :  Kondisi Pandemi Pimpinan Dewan Kota Bekasi Belanja Mobil Dinas, GMNI : Dimana akal sehatnya

Dijelaskan Wawan, untuk memperbaiki tanggul Sungai Ciherang yang jebol pihaknya menyiapkan sebanyak 600 karung sekam (kulit padi/dedek kasar) dan menambah diameter tanggul dengan tanah.

“Hampir seratus meter yang jebol. Kita perbesar badan tanggulnya. Terus atasnya kita tambah dedak kasar. Mudah-mudahan untuk sementara ini bisa menahan debit air apabila ada banjir susulan. Sambil menunggu normalisasi Sungai Ciherang yang sudah diprogramkan Pemprov Jabar,” tukasnya.

IMG 20200306 WA0012
Pemdes Sukamakmur, bersama BPD, unsur masyarakat, mahasiswa dan Babinkantibmas bergotong royong memperbaiki tanggul Sungai Ciherang yang jebol. Foto : Jamar/Redaksi

Senada diungkapkan Bhabinkamtibmas Desa Sukamakmur Bripka Riyawan menurutnya partisipasi masyarakat dalam penanggalan masalah sosial sangat diperlukan. Dan dengan bergotong royong perbaikan tanggul menjadi lebih mudah.

BACA JUGA :  Peringati Hari Jadi ke 9, IWO di Bekasi Beri 100 Sembako Tuk Warga Terdampak Covid-19

“Kalau dikerjakan bersama-sama tentunya akan lebih mudah diselesaikan. Dan ini juga merupakan program Binmas Polri untuk pemecahan masalah (Problem Solving) .” bebernya.

Sementara Ketua Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat BPD Sukamakmur Nawi meminta Pemerintah Desa Sukamakmur agar perbaikan tanggul yang saat ini dilakukan, menjadi usulan skala prioritas dalam Musrenbang maupun anggaran dana desa tahun depan.

“Akibat jebolnya tanggul Kali Ciherang ini menyebabkan kerusakan infrastruktur maupun lahan pertanian.hingga ratusan hektar. Dan ini harus menjadi skala prioritas jangan sampai kejadian ini terulang lagi,” ungkapnya.(Jmr).

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM