banner 728x90

Dirgahayu RI ke 76, Camat Tarumajaya Sebut Sejarah Peran Bekasi Dalam Merebut Kemerdekaan

  • Bagikan
IMG 20210817 WA0007
Camat Tarumajaya Sebut Sejarah Peran Bekasi Dalam Merebut Kemerdekaan

PJ. BEKASI – Menggambarkan sejarah Bekasi yang dikenal sebagai Bumi Patriot, yakni daerah Pront Pertahanan Republik Indonesia yang menjadi saksi pejuang tanah Bekasi dalam merebut dan mempertahankan negara kesatuan RI dari tangan penjajah.

Demikian ucapan itu dilontarkan Camat Tarumajaya Kabupaten Bekasi Dede Mauludin, saat pimpin upacara HUT RI ke-76 tahun 2021.

“Balada kepahlawanan tersebut, tertulis dengan jelas dalam setiap bait guratan puisi heroik pujangga besar Chairil Anwar yang berjudul Kerawang-Bekasi “ ucap Dede Mauludin mengutip pesan Bupati Bekasi

Banyaknya sejarah perjuangan rakyat Bekasi lanjut Ia, merupakan gambaran betapa tingginya patriotisme rakyat Bekasi dalam membela Tanah Air seperti rapat raksasa IKADA, insiden kali Bekasi, Bekasi lautan api, peristiwa Tambun dan sejumlah pertempuran yang terjadi di berbagai wilayah seperti Tambun, Cibitung, Setu dan Kampung Sawah

“Kita juga tak boleh lupa akan perjuangan putra asli Bekasi, Sang singa Karawang Bekasi KH. Noer Alie yang membentuk laskar rakyat Bekasi dan memperjuangkan kemerdekaan rakyat Bekasi” lanjutnya meneruskan.

BACA JUGA :  Petugas Gabungan Perketat Penerapan PPKM Darurat di Tol Grand Wisata Tambun

“Namun saat ini yang kita rasakan bukanlah penjajahan yang berbentuk fisik namun penjajahan dalam bentuk kasat mata seperti penjajahan metal sampai ke penjajahan oleh virus yang sangat kecil yakni Virus Corona (Covid-19),”ujarnya

Dari sejarah yang sudah ditorehkan masih kata Ia, dengan semangat juang rakyat Bekasi, Ia meyakini bahwa masyarakat Kabupaten Bekasi mampu untuk bangkit dan melawan segala bentuk penjajahan yang dialami saat iniini.

“Maka dari itu dengan slogan Bekasi Berani Berantas Pandemi sudah saatnya kita bangkit dan merdeka, merdeka dari mentalitas keserakahan, merdeka dari Pandemi Covid-19, merdeka untuk bangkit dari keterpurukan yang kita alami satu tahun kebelakang,” pungkas Dede Mauludin mengakhiri amanat proklamasi yang di tandatangani Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Selanjutnya sebagai penutup rangkaian peringatan hari Kemerdekan RI ke-76 di Plaza Tarumajaya, Kementrian Agama Kecamatan Tarumajaya, H. M. Ali Shadiqin memimpin pembacaan Doa dan acara peringatan HUT-RI telah selesai di laksanakan.

BACA JUGA :  Warga yang Mengikuti Vaksin di Polsek Cikarang Dapat Bonus ini..

Perlu di ketahui bahwa tim pengibar bendera, Azhari dari SMI IT Nurul Qolbi, Ana Thoibah dari SMAN 1 Tarumajaya, Eriyah Puspita Sari dari SMAN 1 Tarumajaya, Sahillah Azzahra Rihavifah SMAN 1 Tarumajaya,  Narendra Dea Samudra Abidin dari SMK Al-Fudholah dan Putri Zahra Al Mahita dari SMAN 1 Tarumajaya sukses dan berhasil mengibarkan bendera merah putih.

Dengan Pelda Rohani selaku komandan Upacara memasuki lapangan upacara  dan melaporkan dimulainya pelaksanaan upacara Kemerdekaan RI kepada Camat Tarumajaya, Dede Mauludin HS, S.STP, MM yang bertindak selaku Inspektur Upacara.

Danramil 02/Tarumajaya Kapten Infantri Dicson Abislom membacakan teks Pancasila diikuti pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 45 oleh Kapolsek Tarumajaya AKP Edy Suprayitno  SH,MH  dan Teks Proklamasi oleh Ketua MUI kecamatan Tarumajaya, KH. Abidulloh Abdullah.(Dam)

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM