Hari Anak Nasional “Lindungi Anak Indonesia Maju”

  • Bagikan
IMG 20211018 WA0008

Oleh: Ketua DPRD Kota Bekasi
Ir. H. Chairoman Joewono Putro, B.Eng., M.Si

PJ. BEKASI – Selamat Hari Anak Nasional (HAN) 2021 untuk anak-anak Kota Bekasi tercinta. Tepat tanggal 23 Juli 2021 akhir pekan lalu kita memperingati HAN 2021 di tengah PPKM darurat Jawa-Bali yang masih di perpanjang, dengan tema ; Lindungi Anak, Indonesia Maju.

Secara khusus Kami memberikan perhatian HAN 2021, karena memang saat ini kita masih menghadapi PPKM darurat Jawa-Bali akibat pandemi Covid-19 gelombang kedua yang begitu dahsyat ini. Hal penting di hari HAN 2021 ini, kita selaku orang dewasa harus memastikan bahwa perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak di Kota Bekasi tetap bisa dilaksanakan dengan baik oleh semua pihak.

Saat ini kita hampir setiap saat mendengar berita duka kematian akibat Covid-19 dari orang-orang yang kita cintai dan hormati di sekitar kita ; keluarga, sahabat, teman, para alim- ulama, para tokoh, para guru, para kolega dan tetangga kita, yang membuat airmata kita harus menetes berkepanjangan. Namun kami harapkan duka kita tidak boleh berkepanjangan karena berita baik kesembuhan para pasien covid, perjuangan keras para tenaga Kesehatan (nakes) serta usaha bersama semua pihak untuk mensukseskan vaksinasi di Kota Bekasi sebagai ikhtiar perlindungan kita bersama adalah energi yang harus tetap menguatkan kita semua.

BACA JUGA :  Pertamina Peduli, 2.500 Peket Sembako Program Vaksinasi Diberikan untuk Warga Cabangbungin

Persiapan Paripurna Hut Kota Bekasi Sudah Melalui Standar Prokes.

HAN 2021 mengingatkan kita semua, bahwa hal penting di tengah pandemi ini bahwa kita harus melindungi masa depan kita yaitu anak-anak kita sebagai aset yang sangat berharga untuk keberlangsungan kita.

Kami sangat mendukung tema HAN 2021 ; Lindungi Anak-Indonesia Maju, yang berarti semua pihak harus sangat memperhatikan dan memastikan bahwa pandemi ini tidak boleh memberikan dampak buruk untuk anak-anak sebagai pihak yang rentan, dan perlindungan kesehatan serta pemenuhan hak-hak anak dalam berbagai aspek ; pendidikan, kesehatan, tumbuh kembang, hiburan, kasih sayang, dan lain-lain harus tetap bisa terpenuhi.

Kami sangat menyadari bahwa pandemi ini memberikan tantangan yang semakin berat bagi setiap keluarga Indonesia, dari semua aspek (kesehatan, ekonomi, pendidikan, sosial, mental dsb.), sehingga perlu penguatan Ketahanan Keluarga berbasis spiritual keagamaan & kasih sayang pada setiap keluarga di Kota Bekasi. Kami harapkan Ketahanan Keluarga ini menjadi basis penanganan dampak Pandemi Covid-19 guna menjamin perlindungan & pemenuhan hak anak-anak di Kota Bekasi.

Dampak negatif pandemi saat ini kita rasakan untuk anak-anak kita, mulai dari pembelajaran daring dari sekolah yang tidak optimal dalam pendidikan dan pembangunan karakter anak-anak kita sampai dengan timbulnya masalah-masalah sosial paparan pornografi serta masalah-masalah gangguan psikologi lainnya.

BACA JUGA :  Belum Disidangkan, Dua Tersangka Korupsi Tera Kembalikan Uang Rp.1,1 M ke Kejari Kabupaten Bekasi

Para orang tua, Para Ayah, Para Ibu, Para pendidik, para konselor juga seluruh stake holder yang terkait dengan anak dan perlindungan- pemenuhan hak anak bisa saling support dan bekerjasama untuk mengatasi dampak covid 19 dengan mengembangkan Ketahanan Keluarga berbasis spiritual keagamaan & kasih sayang.

Kami mendorong juga agar bisa di kembangkan Creative actions untuk mengembangkan ketahanan keluarga ini, sehingga beban & keluhan para orang tua terutama para ibu dalam pendidikan & pengasuhan anak di tengah pandemi ini dapat lebih ringan.

Creative actions ketahanan keluarga juga harus dipastikan agar kita tetap bisa mempersiapkan anak-anak kita sebagai generasi yang kuat, tangguh & unggul melanjutkan estafet kehidupan yang siap berkompetisi dalam persaingan global.

“Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar”.(QS. An Nisa’, ayat 9).

Editor : Endang F
Penulis oleh: Ketua DPRD Kota Bekasi
Ir. H. Chairoman Joewono Putro, B.Eng., M.Si.

  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM