banner 728x90

Imbas Corona, Alfaruk Kuda Ronggeng Dikandangkan

  • Bagikan
Parman (35), warga Desa Jaya Mukti Kecamatan Cikarang pusat Kabupaten Bekasi pemilik Alfaruk si Kuda Putih
Parman (35), warga Desa Jaya Mukti Kecamatan Cikarang pusat Kabupaten Bekasi pemilik Alfaruk si Kuda Putih

PJ. BEKASI – Alfaruk adalah nama kuda putih asal Sumbawa yang dimiliki oleh Parman (35), warga Desa Jaya Mukti Kecamatan Cikarang pusat Kabupaten Bekasi. Gegara Covid-19 kuda Ronggeng yang biasa ditampilkan saat pesta perkawinan kini harus berdiam diri di dalam kandangnya.

Alfaruk biasanya sering digunakan sebagai kuda renggong untuk mengarak pengantin di wilayah Cikarang pusat sebagai hiburan masyarakat, namun akibat kondisi Pandemi perhelatan perkawinan yang menggunakan hiburan turun drastis sehingga berdampak pada penyewaan kuda renggong.

BACA JUGA :  HIPMI PT Turut Berduka Cita Atas Wafatnya Bupati Bekasi

Menurut Parman sekali mengarak pengantin ia bisa menghasilkan satu juta rupiah.

“cukup buat membeli vitamin dan pakan untuk mengurus alfaruk (kuda) juga buat mencukupi kebutuhan hidup, apalagi kalau yang menyewa dalam satu bulan 10 sampai 20 acara kan lumayan tapi karena korona semua jadi sepi, untuk pakan saya kasih rumput pinggir kali Malang, sudah tidak pake rumput gajah”, ungkapnya.

Alfaruk yang saat ini berusia 6 tahun setia menemani Parman untuk memenuhi kebutuhan hiburan masyarakat pada saat perhelatan perkawinan maupun acara-acara besar lainya,

BACA JUGA :  Nekat Hajatan di Massa PPKM Darurat, Satgas Covid-19 Muaragembong Bubarkan Resepsi Pernikahan

Namun saat ini alfaruk harus berdiam diri dalam kandang karena job sepi akibat Corona.

Parman sendiri harus beralih profesi untuk mencari kebutuhan alfaruk dengan berbagai cara, ia berharap kondisi Pandemi segera berakhir.

“alhamdulillah sekarang sudah “new normal” kayanya bakal mulai rame lagi yang hajatan, jadi kita bisa kembali exist mengarak penganten”, harapnya. (HSP)

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM