banner 728x90

Kasihan, Penyandang Disabilitas di Bekasi Belum Disentuh Bansos Sejak PPKM

  • Bagikan
IMG 20210806 WA0016
Unas Yakub Penyandang Disabilitas Tunai Netral warga Desa Sukadanau Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi.

PJ. BEKASI – Kasihan mungkin itu ungkapan bagi yang pantas mengetahui Unis Yakub (51) Seorang warga penyandang disabilitas tuna netra yang tinggal di Kampung Cikedokan RT 03 RW 011, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi mengeluhkan selama penerapan PPKM level 4 dirinya belum tersentuh Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah.

Unas Yakub saat ini berprofesi menjadi seorang tukang pijat, di masa pandemi omsetnya menurun secara drastis. Saat ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pria penyandang tuna netra tersebut hanya berharap dari bantuan keluarga dan warga sekitar.

“Jadi mijit selama ini, selama dari tanggal yang bulan juli itu, iya kadang-kadang mijit sehari sekali, seminggu itu kadang ga ada” ujar Unis, Jumat (06/08/21).

Ia mengaku, beberapa waktu yang lalu sempat diminta mengumpulkan data berupa foto copy KTP dan Kartu Keluarga kepada Ketua RT setempat, namun hingga saat ini namanya tak kunjung tercatat sebagai penerima bantuan sosial.

BACA JUGA :  Mayat Lelaki Tanpa Identitas Ditemukan di Gubug Dekat Danau Transera WaterPark

“Jadi kan disinikan yang lainkan pada dapat bantuan sosial nih pak, sementara saya sendirikan sebagai penyandang difabel tidak mendapatkan gitu pak sama orang tua saya yang sudah renta juga gak dapat pak” ungkapnya.

“Kenapa orang tua saya yang sudah renta dengan saya sendiri yang difabel gak diberi, sementara mereka yang memiliki mobil atau memiliki ini disekitar itu dapat.
Awalnya dulu mah dapet sekali, cuma pas kesini-sini gak dapet” lanjutnya.

Sementara, Unis mengungkapkan selama masa pandemi covid 19, dirinya mendapat bantuan sosial satu kali, itupun menurutnya sudah hampir setahun yang lalu.

Dirinya pun sempat mendatangi Kantor Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, guna mempertanyakan hak nya untuk mendapatkan bantuan sosial, tetapi tidak juga mendapatkan penjelasan yang menurutnya bisa menjawab pertanyaan dirinya selama ini tidak mendapatkan bantuan dari dampak PPKM.

BACA JUGA :  "Berani" Bekasi Berantas Pandemi, Mati Ekonomi?

Anehnya, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat Suwanto membenarkan bahwa atas nama warga Unis Yakub tidak lagi keluar sebagai penerima manfaat bantuan sosial dari provinsi sejak tahap ketiga, Ia beralasan adanya perbedaan nama di data penerima bansos dengan KTP dan Kartu Keluarga miliknya.

“Iya, pada banprov tahap dua nama tersebut masih muncul, tapi setelah di tahap ketiga namanya sudah tidak ada lagi. Mungkin karna ada sedikit perbedaan nama di data” ujarnya.

Suwitno mengatakan saat ini, Pemerintah Desa Sukadanau melalui dirinya telah melakukan upaya untuk mengajukan nama Unis Yakub sebagai penerima bansos, tetapi menurutnya semua dikembalikan kepada sistem data Kementrian Sosial.

“Kalau kita masukan ke tambal sulam dibantuan yang lain, takutnya menjadi masalah baru bagi kami” jelas Ia.(Ade)

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM