Lagi, Tanggul Citarum di Cabangbungin Amblas Sedalam 3 Meter

PJ. BEKASI – Seakan tak bisa diperbaiki, tanggul Sungai Citarum di Desa Lenggahjaya Kecamatan Cabangbungin Kabupaten Bekasi kembali amblas sedalam 3 meter, padahal belum juga selesai pemasangan batu beronjong.

Dikatakan Kepala Urusan Desa Lenggahjaya Marsin, kata Ia kejadian amblasnya tanggul sungai Citarum itu terjadi pada pagi hari, awalnya hanya retak namun kemudian perlahan lahan tanah tanggul itu amblas.

“Air Citarum udah kering sekarang, kayaknya tanah dibawahnya labil, jadi bergerak amblas,”kata Ia saat meninjau tanggul Citarum yang amblas, Senin.(03/01/22).

BACA JUGA :  28 Maret, Pengurus SMSI Kota Bekasi Dilantik

Tanggul yang amblas lanjut Ia, diperkirakan sepanjang 300 meter dengan kedalaman 2,5 meter sampai 3 meter. Di lokasi sedang ada pemasangan beronjong, namun tanah tanggul Citarum merosok ke sungai Citarum.

“Awalnya cuma retak tanahnya, tapi lama lama bergerak semakin dalam ke kali, batu bronjong juga ikut merosok ke kali,”beber ia.

Ia meminta kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi juga BBWS Citarum agar secepatnya dapat bertindak sebelum terjadi lebih meluas tanggul Citarum yang amblas.

BACA JUGA :  Banyak Rumah Jelek, LPM Cipayung Minta Pemerintah Tambah Kuota Rutilahu

“Masyarakat sekitar khawatir terjadi banjir lagi Citarum, kalau amblas begini bisa jebol. tolong lah pemerintah segera perbaiki secepatnya,”ungkap Ia.

Menanggapi hal itu, Kepala BPBD Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengatakan, tanggul sungai Citarum menjadi tanggungjawab BBWS Citarum karenanya pihaknya akan berkoordinasi dengan BBWS.

“Terimakasih infonya Bang, harus dikirim ke BBWS Bang,” kata Henri via pesan singkat WhatsApp.(red)