BEKASI  

Muaragembong Disebut Rawan Bencana

PJ.BEKASI – Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) bersama Forum Relawan Utara (Fortara) menghelat sarasehan kesiapsiagaan dan mitigasi tentang bencana, Minggu (27/11/22) di Sekolah Alam Prasasti, Jalan Kali Piket, Desa Sukatenang, Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi.

Acara tersebut juga dihadiri Anggota Komisi IV, DPRD Kabupaten Bekasi, Fatmah Hanum. Kata Fatmah kepada potretjabar.com, wilayah utara Kabupaten Bekasi memang harus diakui masih banyak permasalahan sosial terutama penanggulangan dan penanganan masalah banjir.

“Mitigasi sebagai serangkaian kegiatan untuk mengurangi dampak bencana, mestinya bisa mendapat perhatian serius dari pemerintah. Kita prihatin juga dengan keadaan seperti ini terutama diperbaikan perizinan pembangunan fisik,”kata Fatmah berujar.

BACA JUGA :  Muaragembong Sudah 2 Bulan Terendam Air Rob

”Karena minimnya perhatian pemerintah inilah maka gerakan FPRB ini bisa dimaksimalkan untuk memberikan masukan terhadap perbaikan perbaikan fisik, edukasi kebencanaan berikut advokasinya karena FPRB berisi orang-orang yang kompeten pemahamanya pada persoalan kebencanaan,” tambah Fatmah juga.

Sementara itu, ketua pelaksana sarasehan, Kardian Oktavian mengungkapkan harapannya agar masyarakat khususnya wilayah utara Kabupaten Bekasi semakin sigap dalam menanggulangi bencana yang setiap tahun terjadi.

”Acara semacam sarasehan dan diksar ini adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh para relawan wilayah utara Kabupaten Bekasi secara periodik setiap tahun. Agenda yang menjadi ajang diskusi, berbagi pengalaman serta menyegarkan pengetahuan dalam penanggulangan kebencanaan supaya bisa mengedukasi lagi kepada masyarakat secara lebih luas.,”ujarnya.

BACA JUGA :  Jeko Tuding Pemkab Bekasi ‘Bermain’ di Balik Sewa Hotel

“Selain itu juga bisa meminimalisir dampak buruk dari bencana terutama bencana banjir saat musim hujan berlangsung,” pungkas Kardian dihadapan Kepala Bidang, Cegah Siaga BPBD Kabupaten Bekasi, M. Sahid dan para pimpinan FPRB dari Kecamatan Sukawangi, Babelan, Muaragembong, Tambun Utara dan Tarumajaya.(Dam/rm).

error: POTRETJABAR.COM