Pemilu 2024, Kursi DPRD Kabupaten Bekasi Bakal Ditambah

  • Bagikan

PJ. BEKASI – DPRD Kabupaten Bekasi mengusulkan agar anggota dewan ditambah pada Pemilu 2024 nanti menjadi 55 kursi dari sebelumnya 50 kursi. Hal itu diusulkan dengan tujuan agar kinerja dan Tupoksi dewan lebih optimal.

Aspirasinya itu dibahas dalam rapat kerja DPRD Komisi 1 Kabupaten Bekasi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bekasi, membahas agenda persiapan Pemilu 2024.
(KPU), digelar di ruang kerja Komisi 1 pada Rabu (16/6/21).

BACA JUGA :  Sebanyak 215 Yatim Piatu di Dua Desa Dapat Santunan dari PT. PJB Muara Tawar

Sekretaris Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi Jamil, mempertanyakan persiapan pemilihan umum tahun 2024 tentang wacana penataan daerah pemilihan (dapil) dan usulan terkait penambahan kursi DPRD Kabupaten Bekasi.

“Kami dapat masukan dan aspirasi masyarakat agar pemilu yang akan datang jumlah kursi DPRD bertambah menjadi 55, sehingga peran dan fungsi lembaga legislatif bisa lebih optimal seiring penambahan jumlah penduduk, “ katanya.

BACA JUGA :  Pulihkan Ekonomi, Islamic Center Adakan Kampoeng Ramadhan yang Jadi Surga Jajanan Takjil

Sesuai dengan UU Nomor 7 Tahun 2017 pasal 191 ayat (2) menyebutkan ketentuan penghitungan alokasi kursi untuk setiap Kabupaten/Kota sesuai dengan jumlah penduduk.

“Bagi Kabupaten/Kota yang jumlah penduduknya lebih dari tiga juta orang akan memperoleh alokasi sebanyak 55 kursi”, jelas Komisioner KPUD Kabupaten Bekasi Abdul Haris menambahkan.

Alokasi kursi dan proses penataan dapil menjadi bagian tahapan awal penyelenggaraan pemilu yang berdasarkan simulasi akan dilakukan pada pertengahan tahun 2022.

  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM