banner 728x90

Periode Kak Rahmat Effendi Sudah Mau Selesai Kwarcab Kota Bekasi Bakal Gelar Muscab Pramuka

  • Bagikan
Kak Rahmat Effendi yang juga Wali Kota Bekasi
Kak Rahmat Effendi yang juga Wali Kota Bekasi

PJ. BEKASI – Kwarcab Kota Bekasi yang genap berusia 24 tahun pada 20 Mei 2021, dalam waktu dekat akan menggelar Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kota Bekasi.

Dalam Muscab ini laporan Pertanggungjawaban Pengurus Masa Bakti 2016-2021 menjadi agenda penting, menyusun dan mengesahkan Program kerja Masa Bakti 2021-2026, dan memilih Ketua Masa Bakti 2021-2016 serta Formatur untuk menyusun kepengurusannya.

Kwartir adalah suatu badan pengelola Gerakan Pramuka yang mempunyai tugas pokok pembinaan kepada Kwartir, Satuan dan Gugus depan dalam pengembangan Gerakan Pramuka untuk mencapai tujuannya.

Kwartir dalam istilah kepramukaan yang merujuk pada satuan organisasi yang mengelola Gerakan Pramuka yang dipimpin secara kolektif oleh para andalan (istilah untuk pengurus kwartir). Kwartir memiliki tingkatan yang disesuaikan dengan tingkat/wilayah pemerintahan dari pusat sampai daerah.

Kepengurusan Kwartir dijalankan oleh pengurus Kwartir yang disebut dengan Andalan. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya andalan dibantu oleh Staf Kwartir. Staf Kwartir adalah karyawan Gerakan Pramuka yang diberi imbalan (gaji).

Selain jajaran pengurus, Kwartir memiliki Majelis Pembimbing. Majelis Pembimbing bertugas untuk memberikan arahan, bimbingan dan bantuan dari segi moril dan materil. Anggota Majelis Pembimbing terdiri dari tokoh pramuka, tokoh masyarakat dan atau orang tua peserta didik.

BACA JUGA :  Sembilan Begal Sadis Kerap Beraksi di Bekasi Berhasil Ditangkap Polisi

Saat ini Ketua Kwarcab Geraka Pramuka di Pimpin Oleh Kak Rahmat Effendi, dalam kepemimpinannya Gerakan Pramuka mengalami kemajuan, baik secara prestasi maupun fasilitas, seperti Kwarcab Kota Bekasi didapuk mendapat prestasi Kwartir Cabang Tergiat ke-3 se Jawa Barat, dan Kwarcab Kota Bekasi memiliki Bumi Perkemahan yang representatif untuk pelaksanaan pembinaan dan pendidikan.

Ketika disinggung tentang Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kota Bekasi, Pada kesempatan Halal Bi Halal Purna Anggota Dewan Kerja Bekasi (PADK Bekasi Raya) sebagai organisasi Reuni Para Purna Dewan Kerja Penegak Pandega (20/5/21), Koordinator Presidium PADK Kak Hilaluludin Y mengatakan, bahwa PADK dalam posisi hanya sebagai pemerhati tidak dapat ikut campur dalam proses perhelatan Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Kota Bekasi.

PADK melihat bahwa kandidat bakal calon pada saat ini yang memiliki integritas dan kapabilitas adalah Kak Ade Puspitasari yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Kwarcab Kota Bekasi Bidang Keuangan dan Sarana Prasarana, namun PADK menyerahkan semuanya kepada Kwartir Ranting sebagai pemilik suara pada Muscab nanti, dengan dinamika yang terjadi nanti.

BACA JUGA :  Mau Tahu Raperda Inisiatip DPRD Kota Bekasi? Ini dia

“Ade Puspitasari merupakan tokoh Muda Bekasi yang teruji secara organisasi, harapannya akan mampu membawa Gerakan Pramuka Kota Bekasi semakin maju dan berprestasi,” ujar Hilaluludin

Terpisah, Sekretaris Presidium PADK Endar Hifdzuddin.M mengatakan, siapapun yang terpilih sebagai Ketua Kwarcab Kota Bekasi wajib dan harus berintegritas kepada Gerakan Pramuka di Kota Bekasi sebagai organisasi pembinaan karakter bagi generasi bangsa.

Ia harap Ketua Kwarcab Kota Bekasi yang baru nanti akan mampu menjaga prestasi yang baik serta mampu meningkatkannya, Mengingat Kak Rahmat Effendi yang juga sebagai Wali Kota Bekasi sudah 2 kali masa bakti memimpin Kwarcab Kota Bekasi, sehingga sesuai dengan aturan yang ada tidak dapat dipilih kembali.

“PADK pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kak Rahmat Effendi atas teladan dan prestasi dalam kepemimpinan sebagai Ketua Kwarcab Kota Bekasi 2011-2016 dan 2016-2021,” pungkas Endar sapaan akrab Sekretaris Presidium PADK.(Far)

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM