BEKASI  

Polisi Turun Tangan Perbaikan Jalan KA, Pemkab Bekasi Acuh

PJ.BEKASI – Meski bukan menjadi tanggung jawabnya, Kapolsek Cikarang Utara, Kompol Mustakim mengerahkan jajarannya untuk melakukan perbaikan jalan perlintasan Kereta Api (KA), Senin, (10/10/22).

Jalan KA yang kerap menimbulkan korban kecelakaan bagi pengendara itu terletak di Jalan Gatot Subroto, Karang Asih, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, juga tepat berada di depan markasnya.

“Kami beserta kecamatan Cikarang dan jajaran Polsek Cikarang Utara memperbaiki jalan perlintasan KA yang rusak berlobang besar dan sering menimbulkan korban,” kata Mustakim.

Menurut Mustakim, penyebab kecelakaan di situ dikarenakan lubang jalannya yang dalam, sehingga licin saat melintas.

BACA JUGA :  Sah, Nurmansyah Dilantik Gantikan Oknum Kades Mafia Tanah

“Lebih sering terjadi pada ibu-ibu yang terjatuh, mungkin karena licin ditambah pas mau naik di rel pinggirnya dalem,” jelas Mustakim.

“Mungkin dengan cara ini agara melekat kemabli dan dapat dilalui pengendara dengan aman, di jalan perlintasan rel kereta api menjadi bagus kembali,” pungkasnya.

Perlu diketahui, jalur aspal pada perlintasan yang rusak merupakan tanggung jawab pemerintah daerah setempat. Tanggung jawab tersebut tercantum di dalam UU 23 tahun 2007 pasal 92 berbunyi:

BACA JUGA :  Komplotan Rampok Diringkus Polisi, Begini Kronologinya

pembangunan jalan, jalur kereta api khusus, terusan, saluran air dan/atau prasarana lain yang memerlukan persambungan, dan perpotongan dan/atau persinggungan dengan jalur kereta api umum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 91 ayat (2) harus dilaksanakan dengan ketentuan untuk kepentingan umum dan tidak membahayakan keselamatan perjalanan kereta api.

Dalam hal ini, pemerintah daerah harus segera memperbaiki segala perlintasan yang rusak. Hal itu diperlukan karena meminimalisir perlintasan kereta api membahayakan pengendara maupun kereta api yang melintas di perlintasan tersebut. (ade/rm)

error: POTRETJABAR.COM