banner 728x90

Saluran Irigasi Diperbaiki, Pasokan Air Petani di Waringin Jaya Tidak Sulit Lagi

  • Bagikan
Kelompok Tani Waringin Jaya Makmur dan Baleker Makmur Realisasikan Anggaran Untuk Irigasi
Kelompok Tani Waringin Jaya Makmur dan Baleker Makmur Realisasikan Anggaran Untuk Irigasi.

PJ. BEKASI – Untuk mendapatkan hasil panen yang bagus tentunya meski ditunjang dengan Infrastruktur pertanian yang baik. Petani di Desa Waringin Jaya Kecamatan Kedung Waringin Kabupaten Bekasi sudah bisa tersenyum supringah, bagai mana tidak, pasokan aliran air untuk areal persawahannya dipastikan kedepannya bakal bisa lebih lancar sebab, saat ini sedang diperbaiki setelah mendapatkan kucuran dana untuk perbaikan jaringan irigasi dari Pemerintahan.

Melalui satuan kerja operasi dan pemeliharaan Dirjen PSDA Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC) Kementrian PUPR mengucurkan dana bagi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) yang merupakan wadah bagi para petani pemakai air yang bersifat sosial, ekonomi, budaya dan berwawasan lingkungan.

P3A Kelompok Tani Waringin Jaya Makmur dan Baleker Makmur Desa Waringin Jaya Kecamatan Kedung Waringin Kabupaten Bekasi Jawa Barat, mendapatkan kucuran anggaran sebesar Rp 195 juta untuk membangun saluran irigasi. Program tersebut direalisasikan untuk perbaikan infrastruktur pertanian untuk pemenuhan kebutuhan air petani.

BACA JUGA :  Eksepsi Termohon Praperadilan Ditolak, SP3 Dinilai Langkah Paling Bijak

Asnan Rusmawan (45) salah satu petani setempat yang berhasil ditemui menanggapi program P3A tersebut mengatakan, rasa terima kasih terhadap Pemerintah setempat yang telah mengusulkan pembangunan saluran air pertanian hingga terlaksananya saluran air tersebut dengan baik sehingga diharapakan berdampak pada hasil panen yang berlimpah.

” Kami mewakili petani yang ada di Kampung baleker dan umumnya petani Desa Waringin Jaya sangat berterima kasih terhadap Pemerintah setempat yang sudah peduli terhadap petani melalui Program P3A yang sudah maksimal dalam pengerjaan maupun realisasikan anggaran tersebut. Sehingga saluran air tersebut untuk mengairi sawah-sawah di Waringin Jaya sudah tidak kesulitan air lagi, “ucap Ia.

Dikatakan Sekretaris desa Waringin Jaya, Maulana Mardani mengatakan, irigasi berfungsi untuk mengairi lahan pertanian termasuk sawah.

“Saluran irigasi dibangun di dua titik yaitu Kampung Pacing dan Kampung Baleker dan dilaksanakan oleh dua kelompok kegiatan tersebut sesuai dengan rencana pembangunan” terang Sekdes.

Sementara menurut Taupik selaku Kepala desa Waringin Jaya yang diwakili oleh Mulyana mengatakan, realisasi pembangunan infrastruktur berbasis masyarakat dilaksanakan dengan baik.

BACA JUGA :  Giat Kampung Tangguh Jaya, Satuan Narkoba Polres Metro Bekasi Gelar 1000 Vaksin di Zona Merah

“P3A sendiri adalah satu program infrastruktur berbasis masyarakat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),”tuturnya.

Kelompok Tani Waringin Jaya Makmur dan Baleker Makmur Realisasikan Anggaran Untuk Irigasi
Kelompok Tani Waringin Jaya Makmur dan Baleker Makmur Realisasikan Anggaran Untuk Irigasi.

Menurut Mulyana yang juga selaku Kelompok Tani Waringin Jaya Makmur, Dalam program tersebut masyarakat dilibatkan melalui pembangunan irigasi kecil dengan melibatkan langsung Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A).

Tujuannya, untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan masyarakat.

“Program ini dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat petani dalam kegiatan perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi. Sesuai dengan kebutuhan dan berdasarkan prinsip kemandirian dan untuk mengembalikan kondisi dan fungsi saluran serta bangunan irigasi,”jelasnya.

Kegiatan pembangunan saluran air yang berada di Kampung Pacing dan Kampung Baleker saat ini sudah mencapai pisik 50% pengerjaan. Adapun volumenya dengan panjang 390 meter dan dengan ketinggian 90cm dengan anggaran sebesar Rp 195 juta pertitik.(Hsp)

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM