BEKASI  

Sukakarya Mulai Terkepung Banjir

Kampung Wangkal Desa Sukakarya Kecamatan Sukakarya

PJ.BEKASI – Bak pelanggan, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi setiap tahun selalu diterpa banjir. Hingga (30/11/22) meski air sudah surut, sisa banjir yang terjadi pada (29/11/22) masih saja merendam 150 rumah warga Kampung Wangkal, Desa Sukakarya, Kecamatan Sukakarya bahkan ratusan hektar sawah.

Beruntung, hingga berita ini ditulis, ketinggian air di situ sudah surut. Namun sebelumnya ketinggian air sempat menyentuh 130 cm atau setinggi dada orang dewasa.

BACA JUGA :  Satire Infinity Untuk Kartika dari GPO KKPMP

Ketua Komunitas Bekasi Gue, Dasri Afandi mengungkapkan, bencana banjir di Desa Sukakarya adalah imbas dari luapan air Kali Ciherang. Kata Dasri, kali tersebut tidak mampu menampung debit air saat adanya ‘kiriman air Bogor’.

“Ini kiriman Bogor bang, ratusan warga terendam hingga setinggi dada orang dewasa,” ujar Dasri.

Juga dikatakan Dasri, normalisasi Sungai Ciherang merupakan solusi terbaik untuk mengatasi bencana banjir. Karena, kondisi Kali Ciherang sudah dangkal dan ditumbuhi pepohonan.

BACA JUGA :  Sepanjang 2022, BPN Kabupaten Bekasi Bagikan 14 Ribu Sertipikat Gratis

“Ya bang ini harus ada normalisasi. Ciherang sudah mengalami pendangkalan lagi,” ungkap Dasri.

Perlu disampaikan, imbas dari meluapnya Kali Ciherang, setidaknya Desa Sukajadi, dan Desa Sukakarsa mengalami hal yang sama dengan Desa Sukakarya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di wilayah Kabupaten Bekasi, pada Rabu, 30 November 2022. 

error: POTRETJABAR.COM