banner 728x90

Tumpahan Minyak Bikin “Belangsak’ Nelayan Muaragembong Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Cuek

  • Bagikan
Nelayan Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong sedang membersihkan tumpahan minyak mentah yang diduga berasal dari pipa Pertamina yang bocor. Minggu (25/04/21).
Nelayan Desa Pantai Bahagia Kecamatan Muaragembong sedang membersihkan tumpahan minyak mentah yang diduga berasal dari pipa Pertamina yang bocor. Minggu (25/04/21).

PJ. BEKASI – Para nelayan di Muaragembong berjibaku bersihkan minyak mentah di laut sebab, jika dibiarkan nelayan terancam kehilangan mata pencahariannya. kendati sudah seminggu lamanya, namun tidak ada tindakan serius dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi apa lagi wakil rakyat yang duduk di kursi DPRD Kabupaten Bekasi.

Tumpahan minyak itu diduga akibat kebocoran pipa minyak di sumur YYA-1 Blok Offshore North West Java (ONWJ) milik PT Pertamina di Karawang, Jawa Barat.

“Dampak tumpahan minyak iu sangat dirasakan nelayan, dari tangkapan biasa 10 kilo kali ini cuma sekilo, Pemerintah gak ada yang turun apa lagi dewan nggak ada yang turun pisan, “keluh salah satu nelayan di Desa Pantai Bahagia Pian kepada potretjabar.com Kamis (29/04/21).

BACA JUGA :  ACT-MRI Beri Bansos Warga Terdampak Covid-19 di Sukarukun

Selain hasil tangkapan yang berkurang, kata Pian alat tangkap ikan juga mengalami kerusakan sehingga tidak layak lagi digunakan untuk menangkap ikan di laut.

Meski sudah seminggu membersihkan minyak di laut lanjut Ia, tidak ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Bekasi, Ia pun sangat menyayangkan wakil rakyat yang berdiam membisu seakan tak mau tau. Berbeda dengan Pemkab Karawang yang sigap dan terjun langsung.

BACA JUGA :  Tanjidor, Kesenian Khas Betawi yang Perlu Regenerasi

Ia berharap ada perhatian dari Pemerintah, terutama ada kompensasi, setidaknya dapat mengganti alat tangkap ikan yang sudah rusak.

“Dampak minyak sangat dirasakan kalau begini bisa bikin Belangsak nelayan, saya berharap ada perhatian dari Pemerintah, ” ungkapnya.

Saat dikonfirmasi Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratulloh enggan memberikan komentar, sikap dingin sperti itu seakan cuek soal nasib nelayan Muaragembong yang kesulitan untuk mencari tangkapan di laut Utara Kabupaten Bekasi.

Para nelayan sedang mengumpulkan minyak mentah yang berserakan di laut Muaragembong
Para nelayan sedang mengumpulkan minyak mentah yang berserakan di laut Muaragembong.

(Ang/red)

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM