banner 728x90

Patut Dicontoh, Pemuda Asal Pedes Rubah Jalan Jadi Taman Bunga Rufugia

  • Bagikan
Foto Redaksi
Foto Redaksi

PJ. KARAWANG – Minimnya tingkat kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan masih sangat memprihatinkan. Contohnya masih banyak sebagian masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya dan hal seperti ini sering ditemukan. Melihat hal seperti itu seorang pemuda warga Dusun Sukamulya  Desa Karangjaya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang merubah jalan menjadi taman bunga Rufugia.

Inspirasi itu diciptakan oleh Anton Nugraha yang mencoba menjadi kreator dalam penanganan kepedulian lingkungan. Dia berinisiatif ingin merubah lingkungan yang menurutnya terlihat tidak rapi dan kotor oleh sampah akan dia bersihkan dan di rapihkan kemudian ditanami tanaman Refugia.
Hal ini dia lakukan bersama warga yang berada di sepanjang jalan Pedes.

BACA JUGA :  Tanjidor, Kesenian Khas Betawi yang Perlu Regenerasi

“Kegiatan seperti ini sudah Saya lakukan selama kurang lebih 1 tahun yg lalu, ” kata Anton.

Kegiatan seperti ini lanjut Ia, dilakukan karena melihat di sepanjang jalan Pedes yang dimulai dari Desa Kondang Jaya sampai ke daerah Pedes, meskipun belum maksimal kegiatan ini dilakukan namun dia yakin bahwa hal semacam ini akan bisa menjadikan lingkungan yang bersih, rapi dan indah.

“Tanaman yg sudah di tanam di sepanjang jalur jalan Pedes tersebut di dapat dari Badan Penelitian Pertanian yang ada di Jatisari, “ungkapnya

Kata Ia, kegiatan itu benar – benar atas dasar dari rasa kesadaran pribadi dan anggarannya pun berasal dari anggaran pribadi dan warga sekitar yg ada di sepanjang jalan Pedes.

BACA JUGA :  Tanjidor, Kesenian Khas Betawi yang Perlu Regenerasi

” Untuk kedepanya saya akan mengajak para pemuda dan warga untuk belajar mencintai lingkungan, dengan belajar bercocok tanaman Porang sebagai badan usaha bersama, dan sayapun akan coba membuat Forum yg insya allah akan beri nama Paguyuban Petani Porang Karawang, “bebernya.

 

Foto Redaksi
Foto Redaksi

“Dan Saya pun berharap semoga dengan adanya kegiatan saya dan rekan warga yg lain ini akan menjadikan Motivasi untuk warga yg lain agar selalu membiasakan hidup bersih dan mencintai lingkungan.
Dan selain itu semoga pula ada pihak-pihak terkait yg bisa membantu kegiatan saya ini, “lanjut Ia. (Al/red).

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM