Scroll Untuk Melanjutkan Membaca
BEKASIKESEHATAN

Deklarasi ODF Menuju Bekasi Sehat

×

Deklarasi ODF Menuju Bekasi Sehat

Sebarkan artikel ini

PJ.BEKASI – Puskesmas Setia Mulya menggelar kegiatan deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan yang bertujuan membentuk perilaku bersih masyarakat menuju Pemkab Bekasi sehat.

Kepala Puskesmas Setia Mulya Siti Jubaedah kepada Potretjabar.com mengatakan, bahwa deklarasi ODF ini diharapkan dapat mewujudkan pembangunan berwawasan kesehatan lingkungan.

“Ya, tujuan kegiatan deklarasi desa ODF adalah guna mengumumkan kepada masyarakat luas bahwa desa ini sudah stop buang air besar sembarangan,” katanya di aula kantor Puskesmas Setia Mulya pada Senin (11/12/23).

Siti Jubaedah juga menyampaikan, desa yang telah dideklarasikan sebagai desa OFD selanjutnya akan menjadi desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“Untuk mengubah perilaku bersih dan sanitasi meliputi 5 pilar yaitu tidak buang air besar (BAB) sembarangan, mencuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah dengan benar, mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman,” paparnya.

Ia juga mengatakan, pendeklarasian ODF ini merupakan cikal bakal dari terwujudnya masyarakat Kabupaten Bekasi Sehat.

“Ya, kabupaten sehat sendiri dimaknai sebagai suatu kondisi kesehatan yang bersih, nyaman, aman, untuk dihuni, oleh karena itu keberhasilan penyelenggara kegiatan atau mewujudkan desa STBM, sangat penting dan menjadi ujung tombak untuk mewujudkan Kabupaten Bekasi semakin sehat,” jelasnya.

BACA JUGA :  Dalam Sebulan Kejari Kab. Bekasi Tekuk Dua Kades

Camat Tarumajaya Dede Mauludin menambahkan, bahwa kegiatan deklarasi ODF ini merupakan bertujuan untuk adanya peningkatan progres untuk clean yang bebas daripada ODF atau buang air besar sembarangan/terbuka. Ini mejadi salah satu indikator poin pembangunan manusia.

“Yang menjadi pantauan dari kabupaten Bekasi untuk Tarumajaya yaitu selain ODF juga masalah stunting, saat ini semua puskesmas seluruh kabupaten Bekasi melaksanakan deklarasi ODF, dan bagi puskesmas yang sudah deklarasi tidak lagi melaksanakan deklarasi”.

“Semoga kedepannya wilayah kecamatan Tarumajaya bisa bebas dari masalah ODF, dan masyarakat Tarumajaya semakin sadar akan hidup sehat,”tambahnya

Kegiatan deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kecamatan Puskesmas Setia Mulya diikuti tiga desa yaitu Desa Setia Mulya, Pusaka Rakyat, dan kelurahan Setia Asih. Juga di hadiri unsur muspika kecamatan Tarumajaya.(Dan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: POTRETJABAR.COM