Scroll Untuk Melanjutkan Membaca
Example 360x660
BUDAYA

Begini Cara Bersyukur Warga Margasari Subang Atas Hasil Bumi Petani

×

Begini Cara Bersyukur Warga Margasari Subang Atas Hasil Bumi Petani

Sebarkan artikel ini
Ruwat Bumi di Desa Margasari Kecmatan Dawuan Kabupaten Subang (Hsp/potretjabar.com)
Ruwat Bumi di Desa Margasari Kecmatan Dawuan Kabupaten Subang (Hsp/potretjabar.com)

PJ. SUBANG – Warga Desa Margasari Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang Jawa Barat mengumpulkan hasil panen nya yang kemudian dipajang di masing-masing kediaman yang selanjutnya dibawa ke Kantor Desa, hal itu dilakukan sebagai rasa syukur atas hasil panen warga sekitar, rupanya tradisi itu sudah menjadi budaya leluhur sebelumnya.

Kepala Desa Margasari Ali Warsa mengatakan, acara ini menjadi pemersatu bagi semua warga Desa Margasari, kata Ia warganya masih kental dengan kebudayaan pemahaman buhun karenanya acara semacam ini menjadi media pemersatu.

Example 468x60

Selain makanan lanjut Ia, juga hasil bumi yang dipersembahkan yang nantinya juga akan dibagikan ke warga kembali.

“Kebudayaan ini sebagai rasa bersyukur kepada Allah SWT, atas hasil bumi warga Margasari serta ats segala kesuburan dan keberkahan warga Margasari, ” kata Ia kepada potretjabar.com disela sela acara Kamis (27/08/20).

BACA JUGA :  Tradisi Muslim Indonesia di Bulan Ramadhan, Kamu yang Mana Nih?

Dimulai dari perbatasan Desa sudah terlihat sepanjang jalan makan serta padi hasil bumi para petani yang tergantung di masing – masing rumahnya, yang kemudian setiap RT, RW dan Kadus juga membawakan makan dan hasil buminya.

Atusias penduduknya mencerminkan rasa kebersamaan secara gotong royong, dengan penampilan adat yakni berpakaian hitam ratusan warga mengiringi kendaraan yang dihias, kendaraan itu membawa berbagai macam makanan dan hasil bumi.

“Acaranya dua hari dua malam, alhamdulillah diberikan ijin sehingga acara ini dapat dilaksanakan dengan mewajibkan pakai masker, ” ungkapnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: POTRETJABAR.COM