banner 728x90

Dinas Kesehatan Majalengka luncurkan E-Puskesmas Raharja

  • Bagikan
Foto Redaksi
Foto Redaksi

PJ. MAJALENGKA – Dalam upaya memberikan kemudahan serta mempercepat pelayanan kesehatan kepada masyarakat sebagai bentuk pelayanan prima di bidang kesehatan, Pemkab Majalengka dalam hal ini Dinas Kesehatan luncurkan E-Puskesmas Raharja, bertempat di Hotel Garden, Selasa ( 27/10/20)

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala BPJS Sumedang, Dirut Infokes, Kepala Dinas Kesehatan Kab.Majalengka beserta para jajaran Pejabat dilingkungan Dinkes, para Kepala UPT Puskesmas, serta para tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka,
H.Alimudin, mengatakan bahwa Dinas Kesehatan dengan inovasinya berhasil membuat sebuah terobosan baru di bidang pelayanan kesehatan yakni dengan menghadirkan E-Puskesmas Raharja.

E-Puskesmas Raharja ini merupakan sebuah sistem informasi manajemen pelayanan kesehatan berbasis teknologi informasi untuk mewujudkan pelayanan prima disetiap unit kesehatan, program E-Puskesmas Raharja inipun dalam rangka mendukung Visi-Misi Bupati Periode 2018-2023 dimana dalam salah satu programnya yakni menghadirkan pelayanan kesehatan dasar yang berkualitas, tuntas dan juga gratis.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Perintahkan Perbaikan Tanggul Citarum, BBWSC Malah Ngeyel

Alimudin menambahkan, program E-Puskesmas Raharja 5.0 ini memperbaharui sistem terdahulunya yakni E-Puskesmas Raharja versi 3.0 dimana versi terdahulu sebelum update tidak mendukung pada konten pelayanan dan hal lainnya namun setelah Upgrade ke E-Puskesmas Raharja versi 5.0 ini telah suport pada pelayanan dimana salah satu kontennya bisa melakukan pendaftaran secra online melalui (majalengka.epuskesmas.id.)

Adapun progres program saat ini masih dalam tahapan pendampingan ke tiap Puskesmas dan running baru efektif dapat di akses masyarakat pada awal tahun depan di Bulan Januari 2020.

“Tentunya program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat khsususnya pada pelayanan Puskesmas dimana nantinya jika masyarakat hendak berobat ke Puskesmas bisa dengan mudah mendaftar melalui online dengan menggunakan HP berbasis Android dan tidak harus datang mengantri ke Puskesmas langsung hal ini juga dalam upaya meminimalisir kontak langsung petugas kesehatan dengan masyarakat dalam kondisi pandemi Covid-19,” ucap Kadinkes.

BACA JUGA :  Dua Pegawai Desa Diduga Positif Pakai Narkoba, Kades Batujaya "Ngaku" Cuma Satu, Ada Apa ya?

Sementara itu Bupati Majalengka yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asda 2) Gun Gun mengatakan, terobosan inovasi E-Puskesmas Raharja pendaftaran online, pada hakikatnya merupakan langkah awal implementasi tanggung jawab Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka.

Dalam hal ini Dinas Kesehatan guna menjalankan tugas dan fungsinya sebagai agen perubahan dalam berinovasi memberikan pelayanan kepada masyarakat. Program inipun menjadi solusi dalam memberikan pelayanan berbasis internet yang cepat, tepat, tuntas dan juga gratis dengan tujuan memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.

“Oleh karena itu saya berharap kepada Puskesmas agar senantiasa aktif dalam mensosialisasikan dan juga mempublikasikan program ini kepada masyarakat agar masyarakat dapat mengetahui terobosan dan inovasi Dinas Kesehatan dalam pelayanan kesehatan sehingga terobosan itu dapat secara nyata dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan kedepannya program ini agar dapat diberlakukan diseluruh Puskesmas se-Kab.Majalengka,” pungkas Gun gun. (Zan)

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM