banner 728x90

Kreatif, Sekelompok Anak Muda Cikampek Buat Pasar Gratis dan Perpus Jalanan

  • Bagikan

IMG 20210131 WA0007

PJ. KARAWANG – Kreatifitas sekelompok anak muda asal Cikampek Kabupaten Karawang patut dicontoh. Meski beranggotakan 10 orang namun mampu membuat satu wadah kemasyarakatan yaitu dengan membuat Pasar Gratis dan Perpustakaan Jalanan.

Aktifitas mereka ini dilaksanakan memang tidak setiap hari dan juga tidak di satu tempat saja. Mereka selalu berpindah-pindah lokasi secara berkeliling.

Kegiatan yang mereka lakukan ini memang belum lama, hanya baru berjalan kurang lebih sekitar 5 bulan, berawal dari bulan Oktober 2020.

Penurut Adit salah seorang dari kelompok pemuda kreatif ini mengatakan, bahwa inspirasi ini timbul dalam benaknya pribadi karena melihat taraf kehidupan dan perekonomian warga di lingkungan sekitar sangat memprihatinkan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Sehingga saya merasa tersentuh hati ingin membantu mereka. Dari situ timbulah inspirasi saya untuk kemudian saya mengajak rekan dan teman-teman yg lain yg untuk tergabung di dalam perencanaan saya ini. Hingga akhirnya terbentuklah seperti sekarang ini “Ujarnya.

BACA JUGA :  Isu Mutasi Mencuat, HMI : Pj Bupati jangan mau dianggap seperti orang - orangan sawah

Kegiatan Pasar Gratis dan Perpustakaan jalanan ini tidak setiap hari mereka laksanakan, terlebih sekarang di musim penghujan.

Bahan Pakaian dan Buku-buku yang mereka dapatkan itu mereka peroleh dari warga masyarakat sekitarnya yang disumbangkan secara suka rela. Karena dalam kegiatan mereka ini ada sebagian anggotanya yang bertugas berkeliling mencari bahan Pasar gratis tersebut dengan suka rela.

“Kegiatan pasar gratis dan perpustakaan jalanan ini memang awalnya sebagian warga tidak begitu percaya bahwa yang saya pasarkan ini benar-benar gratis.
Namun setelah saya perjelas kan dengan sesungguhnya kepada mereka, barulah mereka percaya hingga akhirnya jika saya bersama teman-teman kembali menggelar Pasar gratis ini mereka yang benar-benar membutuhkan datang menghampiri, “ungkap Ia.

BACA JUGA :  DPRD Kabupaten Bekasi Kehilangan Marwah, PJ Bupati Ditolak

Namun sekarang setelah mereka tau dan memahami, merekapun terkadang suka menukarnya dengan bentuk makanan atau minuman.

“Karena menurut mereka meskipun memang warga kurang mampu namun saya juga tidak mau mengambil apa yg saya butuhkan disini hanya dengan cuma-cuma, walaupun uang kami memang tidak punya setidaknya kami bisa memberi makanan atau minuman buat mereka. begitulah menurut salah seorang warga yg ada pada saat itu,”pungkas Adit.

“Saya berharap semoga apa yang saya lakukan ini bisa membantu warga sekitar yang memang membutuhkan. Apalagi untuk warga kaum Tuna Wisma yang ada di sekitar kota ini dan juga saya mohon doa dari semua pihak agar apa yang saya dan teman-teman lakukan ini bisa berguna dan bermanfaat,” demikian.(Ian).

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM