Pemkab Majalengka Segera Luncurkan Program Surat Menyurat Gunakan Sistem Elektronik

Kabupaten Majalengka Jawa Barat
Kabupaten Majalengka Jawa Barat

PJ. MAJALENGKA – Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dalam waktu dekat ini akan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Surat Masuk Keluar (Sisumaker). Jika program ini sudah berjalan, maka proses surat menyurat di Majalengka akan menggunakan sistem elektronik, tidak manual seperti biasanya.

“Program Sisumaker ini baru diterapkan di internal Dinas Kominfo Kabupaten Majalengka. Nanti kalau sudah siap segala sesuatunya, sistem ini akan diterapkan di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Majalengka,”kata Kepala Diskominfi H Gatot Sulaeman saat menjadi narasumber dalam diskusi mingguan yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Majalengka, Jum’at (3/6/20).

BACA JUGA :  Pajak THM Terganjal, Bapenda Kehilangan Ratusan Miliar

Dijelaskan dia, dengan penerapan surat menyurat elektronik ini, nantinya tidak ada lagi surat menyurat yang menggunakan kertas atau manual. Karena semua surat masuk dan surat keluar yang berkaitan dengan kedinasan sudah menggunakan sisumaker secara elektronik.

“Program ini bukan karena adanya Covid-19 ya, ini sebelum wabah ini terjadi.Manfaat lainnya dengan adanya sistem ini lebih memudahkan dalam koordinasi, efisiensi dan efetif dalam pekerjaan,”tuturnya.

Ditambahkan Gatot, dalam menjalankan program ini perlu adanya pelatihan terlebih dahulu. “Nanti kita berikan pelatihan kepada para pimpinan OPD, sekdis, kabid, camat maupun pejabat lainnya, agar bisa menggunakan aplikasi ini, agar mampu dijalankan,”ucapnya.

BACA JUGA :  Ssttt..!, KPK Backup Pejabat Kabupaten Bekasi?
Diskusi, jajaran PWI dan Kadis Parbud Kabupaten Majalengka Jawa Barat ( Foto:Samsul Ma'arif/potretjabar)
Diskusi, jajaran PWI dan Kadis Parbud Kabupaten Majalengka Jawa Barat ( Foto:Samsul Ma’arif/potretjabar)

Koordinator Diskusi dan Kajian Publik Inin Nastain menuturkan, diskusi dwi mingguan ini sebagai upaya membangun kembali iklim intelektual di kalangan wartawan, yang sifatnya acara tidak formal.

“Tujuan diskusi ini untuk membangun sinergitas dengan semua kalangan bersama insan pers di Majalengka.Sekaligus sebagai perekat jalinan kekeluargaan dan menggairahkan kembali iklim intelektual di kalangan wartawan,”katanya.

Narasumber lainnya pada acara diskusi itu Wakil Ketua DPRD Majalengka H Asep Eka Mulyana, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Majalengka Hj.Lilis Yuliasih, serta para pejabat yang mendampinginya. (Sul/PJ)

error: POTRETJABAR.COM