banner 728x90

Persiapkan Revisi RTRW, Pemkab Karawang Bahas Isu Strategis dalam KLHS

  • Bagikan
Foto Redaksi
Foto Redaksi

PJ. KARAWANG – Pemerintah Kabupaten Karawang telah mempersiapkan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tahun 2011-2031, saat ini penyepakatan isu strategis dan prioritas dalam pelaksanaan penyusunan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) sedang dipersiapkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Karawang.

Menurut Sekertaris Dinas LHK Kabupaten Karawang Rosmalia mengatakan, Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Karawang Jawa Barat tengah melakukan pembahasan melaksanakan konsultasi publik tentang penyepakatan isu strategis dan prioritas dalam pelaksanaan penyusunan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) revisi Rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Karawang.

BACA JUGA :  Kacau, Sumur Bor di Wibawamulya Belum Selesai Dibangun Sudah Ditinggal, Mangkrak deh

Meski dalam kondisi pandemi, pembahasan itu tetap dilakukan dengan secara virtual (online meeting). Kegiatan konsultasi publik secara virtual ini diikuti oleh kepala OPD – OPD Kabupaten Karawang, seluruh Camat se-Kabupaten Karawang, Ketua serikat petani Karawang, ketua LSM dan penggiat lingkungan hidup.

Rosmalia menegaskan, bahwa virtual meeting itu membahas tentang isu isu pokok utama yang akan dimasukan kedalam KLHS perubahan, hasil dari diskusi konsultasi publik ini menghasilkan enam aspek utama permasalahan dikabupaten karawang yaitu :
1. Penurunan kualitas lingkungan.
2. Kurang optimalnya tata kelola lingkungan dan infrastruktur.
3. Alih fungsi lahan.
4. Perlunya peningkatan daya dukung penyedia air.
5. Rawan bencana terkait perubahan iklim dan peningkatan kapasitas adaptasinya.
6. Kemacetan

BACA JUGA :  Bobrok, Prodak DSDABMBK Kabupaten Bekasi Gak Ada Manfaat

“Hasil kesepakatan ini selanjutnya akan didiskusikan dengan pokja KLHS revisi Kabupaten Karawang tahun 2011-2031.”pungkasnya.(Fan)

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM