Pipa Bocor di Karawang, Pertamina: Situasi kondusif dan terkendali

ilustrasi

PJ. KARAWANG – Kebocoran pipa milik Pertamina di Kabupaten Karawang pada Senin (24/01/22) yang terjadi di jalur ROW Dusun Cisoma, Desa Tambak Sari, Kecamatan Tirta Jaya, Kabupaten Karawang di pinggir jalan area tambak dan 2 (dua) unit rumah tinggal, secara umum sudah terkendali dan kondusif.

“Secara umum situasi dan kondisi di Wilayah Kerja Zona 7 Tambun Field aman dan Kondusif, “kata Tim PT Pertamina EP Zona 7 Tambun Field, Bambang Subianto kepada potretjabar.com, Rabu (26/01/22).

Bambang menjelaskan, kebocoran terjadi pada jalur pipa air injeksi (bukan pipa BBM atau limbah beracun seperti yang di beritakan di banyak media sosial) dimana hasil identifikasi sementara karena korosivitas pipa.

Dia memaparkan, sekitar pukul 10:00 WIB level Waste Pit di SP RDL sudah hampir terisi penuh dengan air injeksi. Pukul 10:50 WIB, Operator SP RDL mengecek jalur 6″ di lokasi RDL-B dengan memastikan valve terbuka dengan tujuan menggunakan jalur tersebut untuk mengalirkan air injeksi.

BACA JUGA :  Rupanya ini Penyebab Ratusan Tender di Bekasi Batal

Pukul 10:59 WIB, jalur pipa dibuka bertahap untuk mengalirkan air injeksi. Setelah dialirkan beberapa saat, diperoleh informasi dari warga bahwa terjadi kebocoran pada jalur tersebut.

Mengetahui hal tersebut, pukul 11:01 WIB, Operator SP RDL menutup kembali jalur tersebut. Kemudian, Pukul 11:50 WIB dilakukan lokalisir dengan diadakan penyekatan titik kebocoran dan pemasangan barricade line.

“Penanganan yang telah dilakukan, antara lain:
menghentikan pemompaan aliran air injeksi, pemasangan barricade line, lokalisir titik kebocoran, pemasangan clamp pada pipa, housekeeping area, serta koordinasi dengan Fungsi Internal terkait & Muspika setempat” terang Bambang.

Kedatangan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Karawang bersama Camat Tirtajaya dan Lurah Tambak Sari saat datang melaksanakan peninjauan.

“Koordinasi dengan Pejabat Pemerintah dan TNI-Polri di tingkat Kecamatan dan Desa utk memberikan klarifikasi terkait kejadian dan penanganan yang telah dan akan dilakukan serta cipta kondisi dan melakukan patroli rutin Security ke area sekitar bocoran. Kemudian, dalam jangka pendek jalur tersebut akan dilakukan penggantian.” sambungnya.

BACA JUGA :  Keruk Migas, PT. Pertamina Sepantasnya Peduli Terhadap Warga Jabar

Menurutnya, kedatangan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Karawang bersama Camat Tirtajaya dan Lurah Tambak Sari melaksanakan peninjauan terkait video yg viral tersebut ke lokasi tempat bocornya pipa Pertamina di lokasi SP RDL dan ditemui salah satu pegawai Pertamina SP RDL langsung.

Dirinya juga menyayangkan dalam kegiatan peninjauan Anggota DPRD Kabupaten Karawang tersebut diduga melanggar prokes, pasalnya rombongan tidak membawa dokumen antigen dan memaksa untuk masuk ke dalam Kantor Pertamina.

Anggota Security dan Paramedis yang sedianya bertugas untuk memeriksa sampai kewalahan, karena justru Bapak Camat Tirta Jaya memaksa dan menyuruh semuanya yang hadir untuk masuk. (Ang)