Gak Bayar 900 Ribu, Pasien Melahirkan di Puskesmas Batujaya Ditahan

Poned Puskemas Batujaya Kabupaten Karawang

PJ. KARAWANG – Gegara tak punya uang untuk jaminan sebesar Rp.900 ribu, pasien melahirkan ditahan Puskesmas Batu Jaya Kabupaten Karawang Jawa Barat.

Nasib sial itu dialami Novia Hendri Cahyadi(22) Warga RT.006/002 Dusun Batujaya Desa Batujaya Kecamatan Batujaya,Pasien melahirkan yang tidak di bolehkan pulang sebelum membayar uang jaminan 900 ribu.

“Ia gak boleh pulang karena gak punya BPJS, kalau mau pulang suruh bayar dulu 900 ribu dulu, kata puskes begitu. mana saya gak punya duit pisan bingung saya,”kata Salma (45) bibi dari Novia dengan nada sedih.

BACA JUGA :  Lapas Cikarang Jalani Vaksinasi Ketiga, Kakanwil: 5 Pegawai Bapas Cikarang Terpapar¬†

Salma menceritakan, uang jaminan itu dipinta oleh petugas pegawai Puskesmas Batujaya, pegawainya bilang pasien melahirkan harus membayar uang sebesar Rp.900 ribu lantaran pasien tidak punya kartu BPJS.

Jika uang itu tidak dibayarkan, maka pegawai Puskesmas Batujaya terpaksa menahan pasien melahirkan itu sebelum kartu BPJS dari pasien diterbitkan.

Kejadian itu rupanya dibenarkan oleh Ica salah seorang bidan yang menangani pasien melahirkan itu, Ica menyarankan agar keluarga pasien konfirmasi kepada kepala Poned Puskesmas Batujaya.

BACA JUGA :  Kapolri Targetkan Buruh di Bekasi Akselerasi Vaksinasi Tahap ke Tiga Serentak

Ica juga menjelaskan, jaminan uang sebesar Rp.900 ribu meski dibayar jika pasien tidak memiliki kartu jaminan kesehatan seperti BPJS Kesehatan.

Menurutnya, uang jaminan itu akan dikembalikan kepada pasien jika pasien sudah memiliki kartu jaminan kesehatan seperti BPJS tadi.

“Konfirmasi aja ke Bu Sri, Bu sri kan kepala Ponednya ia bener harus bayar dulu 900 ribu sebagai jaminan, baru boleh pulang, tapi nanti klo BPJS nya udah jadi bisa di kembalikan ke pasien,” kata Ica bidan yang ada di Poned.(end)