banner 728x90

133 Orang Pasien Covid-19 di Majalengka Dinyatakan Sembuh

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

PJ. MAJALENGKA – Berdasarkan data pusat informasi dan koordinasi Covid-19 Kabupaten Majalengka Jawa Barat saat ini pasien positif Covid-19 di Majalengka tercatat 133 orang dinyatakan sembuh, meninggal dunia 9 orang dari jumlah total terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 199 orang. Sisanya 57 orang  masih melakukan isolasi baik di rumah sakit maupun di rumahnya masing-masing.

“Alhamdulilah hari ini nihil kasus. Setelah hari Sabtu 1 orang dan Jum’at 11 orang,”kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Majalengka, H Alimudin saat dikonfirmasi via ponselnya.Minggu, (18/10/20)

Menurut dia, saat ini dinyatakan sembuh dari virus Corona sebanyak 133 orang, 9 orang meninggal dunia dan 57 orang dalam perawatan.

“Kebanyakan pasien yang terkonfirmasi yang masih dirawat itu orang tanpa gejala dan disarankan melakukan isolasi mandiri. Sedangkan pasien yang dirawat di rumah sakit itu umumnya memiliki penyakit penyerta dan usianya di atas 50 tahun ke atas,”katanya.

Masih dikatakan Ali, Probable berjumlah 16 orang. Suspek 747 orang terdiri dari isolasi 25 orang dan dicarded 722 orang.

BACA JUGA :  ASN Pemkab Bekasi Berbagi di Tarumajaya, 200 Paket untuk Warga Terdampak Covid-19

“Kalau yang kontak erat 1.957 orang dengan rinciaan 745 orang karantina dan 1.212 orang discarded,”tukasnya.

Menurut dia, pihaknya akan terus bekerja keras untuk mengendalikan lonjakan kasus ini. Di antaranya akan terus melakukan tracing dan tes swab massif.

“Kami juga mengimbau kepada warga agar tak pernah lelah dalam menerapkan 3M dan akan terus memberikan sanksinya bagi yang melanggar protokol kesehatan di muka umum,”tukasnya.

Dia menambahkan, di antara kasus yang terjadi di Majalengka kebanyakan tidak merasakan gejala  Virus Corona pada umumnya. Bahkan dari data saat ini dmayoritas  merupakan OTG.

“Dari mayoritas pasien positif COVID-19, mereka tertular akibat transmisi lokal sedangkan yang lainnya akibat perjalanan di luar daerah. Ini harus menjadi perhatian serius kita bersama. Mari terapkan protokol kesehatan lebih disiplin lagi,” pintanya.

Guna mencegah penyebaran lebih luas lagi, kata dia, masyarakat jangan pernah lelah menerapakan protokol kesehatan, disamping Pemkab Majalengka akan memberikan edukasi, menjalankan sanksi sosial, membeli mesin PCR serta kebijakan lainnya.

BACA JUGA :  Polisi Segera Siapkan Posko PPKM di Pasar Tradisional

Bupati Majalengka, Karna Sobahi angkat bicara terkait melonjaknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Majalengka. Pihaknya, meminta semua lapisan masyarakat untuk ikut andil dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Majalengka dengan tidak bosan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Sebab, lanjut Karna, sekarang ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 bukan lagi imported case, tapi sudah transmisi lokal, seperti di Kecamatan Leuwimunding yang 9 orang dinyatakan positif virus corona.

“Ini harus dicegah oleh kita semua dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan enggunakan sabun dengan air mengalir,” imbuhnya.

Menurut Ketua Gugus Tugas Percepatan Penangangan Covid-19 Kabupaten Majalengka ini, daya jelajah penyebaran virus sudah sangat luar biasa. Sebab, banyak yang positif tidak mengalami gejala seperti pada umumnya. Selain itu, juga saat ini telah terjadi peningkatan jumlah kasus yang terus merangkak naik dalam beberapa bulan terakhir ini.

“Mari kita bersama sama bergandengan tangan memerangi virus corona dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19,”katanya.(Jan )

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM