banner 728x90

Hasil Test Swab Massal Seluruh Kecamatan di Majalengka Terpapar Virus corona

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

PJ. MAJALENGKA – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Majalengka H Alimudin mengungkapkan, seluruh kecamatan di Kabupaten Majalengka dipastikan
terpapar Virus Covid-19,. Hal itu berdasarkan hasil akhir, dari pelaksanaan tes swab massal yang melibatkan 1029 orang di 14 kecamatan di Kabupaten Majalengka.

‘Saat ini seluruh kecamatan di Majalengka terpapar virus Corona. Padahal sebelumnya, ada satu kecamatan yang belum pernah tersentuh,
yaitu Kecamatan Bantarujeg. Dengan adanya test swab massal ini, Bantarujeg tercatat ada 4 kasus positif Covid-19,” jelas Ali kepada potretjabar.com

Menurut Ali, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan pusat data informasi dan koordinasi Covid-19 di Majalengka, Senin (24/11/2020) dalam sehari mencapai 76 orang. Sedangkan pada Sabtu (21/11/2020) tembus diangka 101 orang.

“Kalau data yang positif 101 orang itu berasal dari 429 orang hasil tes swab massal. Sisanya 587 orang ada 76 orang yang positif corona,” bebernya.

BACA JUGA :  Presiden Targetkan Vaksinasi 70 Persen Penduduk di Akhir Tahun

Dengan terus melonjaknya kasus positif di Majalengka, pihaknya berharap agar masyarakat terus berperan aktif dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Terus lalukan 3M jaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir,”tuturnya.

Terpisah, Bupati Majalengka H Karna Sobahi sudah mengeluarkan surat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan skala mikro.

Kebijakan ini menyusul terjadinya lonjakan jumlah terkonfirmasi Covid-19 terakhir ini. Tujuannya untuk menekan jumlah terkonfirmasi covid-19, dan akan diberlakukan Senin pekan depan.

“Kami sudah mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan PSBM dalam upaya mengurangi resiko penyebaran COVID-19 di Kabupaten Majalengka,”kata karna.

BACA JUGA :  Putus Mata Rantai COVID-19, Vaksinasi di Karangsatu Gencar Dilakukan

Menurut dia, ada delapan poin dalam surat edaran yang dibuat Karna yang salah satunya ialah menutup kembali seluruh objek wisata yang ada di Kabupaten Majalengka.

“Seluruh objek wisata ditutup sementara sampai dengan terkendalinya COVID-19,” tulis Karna.

Selain menutup sementara objek wisata, dalam surat edaran yang dikeluarkan Karna juga melarang adanya kegiatan masyarakat yang menimbulkan kerumunan masa.

“Dilarang adanya kegiatan pengumpulan masa, seperti event olahraga, pertunjukan seni dan budaya, pertemuan komunitas serta kegiatan lainnya yang menyebabkan kerumunan masa,” tegas Karna.

Menurut dia, bagi masyarakat yang melaksanakan hajatan, dilaksanakan secara sederhana, dihadiri kalangan terbatas/keluarga inti maksimal 20 orang dan tidak diperkenankan adanya resepsi dan menggelar kegiatan hiburan. (Sul)

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM