banner 728x90

Rutin Minum Wedang Uwuh Kodim, Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh

  • Bagikan
Foto Redaksi
Foto Redaksi

PJ. MAJALENGKA – Satu keluarga, warga Desa Pasiripis Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah rutin minum Wedang Uwuh racikan Komandan Kodim 0617 Majalengka Jawa Barat.

Hal itu seperti diungkapkan Sarmin salah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kecamatan Kertajati dalam pernyataan di sebuah video yang dibuat hingga menjadi viral, Rabu (4/2/21).

“Saya, isteri, dan anak perempuan kami dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan tes swab di sebuah Puskesmas di Kecamatan Kertajati.Kami satu keluarga terpapar dan petugas Satgas Covid-19 meminta kami melaksanakan isolasi mandiri,”kata Sarmin.

Ketika melaksanakan isolasi mandiri, lanjut Sarmin, dirinya didatangi Danramil Kecamatan Kertajati untuk memberikan motivasi, dukungan, doa dan diberikan bungkus minuman wedang uwuh sebagai ikhtiar agar cepat sembuh dalam melawan virus corona.

“Alhamdulillah setelah kami minum wedang uwuh buatan Pak Dandim Majalengka, setiap pagi dan sore hari selama isolasi mandiri. Diseduh menggunakan air panas, secara berangsur-angsur imun tubuh kami sekeluarga mulai membaik,”ucapnya.

Dengan kabar baik tersebut, sambung dia, Danramil Majalengka kembali memberikan 5 bungkus wedang uwuh lagi untuk diminum untuk tahap penyembuhan.

BACA JUGA :  ODGJ di Kedungwaringin Divaksin, Polisi : Dapat hak yang sama

“Alhamdulillah ya Allah, saya bungah (bahagia), atas izin Allah pada hakekatnya, syariatnya rajin mengkonsumsi minuman rempah rempah racikan pak Dandim kami sekeluarga semakin sehat. Dan setelah diperiksakan untuk swab ke medis, dinyatakan sembuh dan negatif Covid-19,”ujarnya.

Pihaknya berterima-kasih kepada Keluarga Kodim 0617 Majalengka atas pemberian minuman Wedang Uwuh ini sebagai salah satu ikhtiar untuk melawan Pandemi Covid-19.

“Wedang uwuh ini sebagai salah satu ihtiar untuk melawan Covid-19. Ini saya katakan bukan karena promosi, tapi karena memang sudah terbukti dan teruji khasiatnya,”ungkap dia.

Dandim 0617 Majalengka Letkol (Inf) Andik Siswanto menuturkan, jika pasien yang sembuh melalui ikhtiar minuman racikan jahe ini terjadi dibeberapa daerah di Kabupaten Majalengka.”Alhamdulillah atas izin Allah bisa sembuh, ikhtiarnya melalui Wedah Uwuh Sugih Mukti,”tuturnya.

Dikatakan Dandim, di tengah meningkatnya Pandemi Covid-19 ini, menjaga imunitas sangat penting untuk mencegah terjangkitnya virus di dalam tubuh. Salah satu hasil olahan dari penanaman sereh wangi itu menghasilkan wedang uwuh yang sudah terbukti mampu melawan Covid-19.

BACA JUGA :  Guna menekan Penularan Covid-19, Komunitas WKB Bersama LP Melakukan Penyemprotan Disinfektan

Masih dikatakan dia, saat ini cara yang paling efektif dalam mencegah penularan Covid-19 adalah dengan menerapkan protokol kesehatan.Akan tetapi, kondisi itu perlu ditopang dengan peningkatan daya tahan tubuh untuk meningkatkan imunitas.

Latar belakang itulah yang mendasari pihaknya mencoba membuat formula baru dalam membuat wedang dengan bahan dasar rempah-rempah yang kandungan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

“Di antara kandungan kimia dalam rempah-rempah seperti jahe, sereh, daun pala, cengkeh, kayu secang, cengkeh itu dapat meningkatkan imun tubuh, sehingga ketika ada penyakit atau virus masuk, mampu melawannya,” ujar Andik.

Dikatakan dia, pembuatan minuman yang dikemas dalam wedang jahe dengan bahan cengkeh, sereh wangi, daun pala, jahe, ini bisa menjadi alternatif menjaga kesehatan. Minuman hangat penuh hasiat ini diberi nama ‘Wedang Uwuh Sugih Mukti’.

“Wedang sereh wangi yang kami buat itu bukan hanya sekadar teori tapi sudah diproduksi dan dinikmati dalam jumlah besar. Khasiatnya selain meningkatkan imunitas tubuh juga untuk menurunkan kolestrol, kaya akan antioksidan, menyegarkan badan, serta melancarkan sirkulasi tubuh,” ucapnya. (sam)

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 20x50 banner 20x50 banner 20x50
  • Bagikan
error: POTRETJABAR.COM